11 Poin Amanat Danrem Kawal Samudera terhadap Para Siswa yang Disampaikan Babinsa

HEADLINE, TNI/POLRI10 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Telukdalam, Kodim 0213/Nias terus aktif melakukan kegiatan di wilayah teritorialnya, seperti  Serka Generasi Nehe bertindak sebagai pembina upacara pada pengibaran bendera merah putih di sekolah SMK Swasta BNKP Telukdalam, Jln. Pancasila, Kelurahan Pasar Telukdalam, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Senin (12/12/2022).

Plh Danramil 12/Telukdalam Peltu Suhendra Hutabarat, SE kepada LiniPost.com menuturkan, pada hari ini pihaknya melalui Babinsa melaksanakan kegiatan di beberapa sekolah yang ada di wilayah Koramil 12/Telukdalam, seperti di SMK Swasta BNKP Telukdalam, dimana Babinsa bertindak sebagai pembina upacara.

ads

“Kegiatan ini merupakan perintah dari komando atas untuk menyampaikan amanat Danrem 023/Kawal Samudra dengan tujuan untuk memberikan pembinaan kepada para siswa serta memupuk karakter anak terhadap orang tua agar lebih baik lagi,” ujar Suhendra.

Adapun poin dari amanat tersebut yakni berbakti kepada orang tua adalah cerminan berbakti kepada NKRI.

Dari point amanat tersebut ada 11 garis besar yaitu:

1. Bertutur kata yang lembut

2. Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah

3. Patuh terhadap perintah orang tua

4. Bersikap sopan kepada orang tua

5. Selalu sabar dan tahan amarah

6. Memberi hadiah kepada orang tua

7. Tidak pernah menyia-nyiakan kerja keras orang tua

8. Merawat orang tua

9. Selalu memprioritaskan orang tua

10. Menghormati pilihan orang tua

11. Pastinya ada di antara kita yang mungkin sudah tidak memiliki orang tua karena mereka sudah berpulang ke pangkuan Ilahi, jadi cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal yakni, selalu mendoakan serta memohon ampun, menjalin silahturahmi dengan kerabat orang tua, sedekah atas nama orang tua, menyebarkan ilmu yang bermanfaat, melunasi hutang orang tua, menjaga nama baik orang tua.

Kepala Sekolah SMK Swasta BNKP Telukdalam Yusuf Zagoto S.Si., MM sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 12/Telukdalam karena telah menjadi pembina upacara bendera di sekolah mereka.

“Dan terlebih kepada Bapak Danrem 023/Kawal Samudera akan amanat yang disampaikan kepada para siswanya karena amanat tersebut sangat berguna bagi anak-anak sekarang agar lebih berbakti lagi kepada orang tua, seperti dalam amanat tadi karena sebagian juga ada anak sekolah sekarang ini sudah tidak menghargai jerih lelah orang tua yang telah membesarkan mereka mulai dari kecil,” pungkasnya.

Karena menurut dia, karakter anak dimulai dari rumah bila sudah menghargai orang tuanya maka di sekolah juga akan bisa menghargai para guru.

“Harapan kita semoga ke depannya khususnya siswa SMK Swasta BNKP Telukdalam selalu berbakti kepada orang tuanya,’ tutup Yusuf. (Red)