Penyaluran BLT DD Tahap-I Desa Hilina’a Berjalan Lancar

Daerah10 Dilihat

Gunungsitoli, LiniPost – Kepala Desa (Kades) Hilina’a, Donisi Bazisokhi Zebua, salurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) Hilina’a kepada 59 kepala keluarga (KK) tahap pertama yakni untuk bulan april 2020. Penyaluran BLT tersebut berlangsung di balai desa, Jumat (29/05/2020).

Kades Donisi Zebua, mengatakan setiap KK menerima Rp 600.000 dana BLT tersebut dan untuk pengambilannya tidak dapat diwakilnya oleh orang lain, harus yang bersangkutan yang dapat mengambilnya.

ads

“Besaran dana BLT yang kita salurkan sebesar Rp 600.000 setiap KK. Untuk pecairan, setiap kepala keluarga wajib datang dan tidak boleh diwakilkan,” ujar Donisi Zebua.

Sebelum penyaluran BLT ini, lanjut Donisi Zebua, pihaknya sudah melakukan pendataan secara mendalam, agar tidak salah sasaran dan memenuhi kriteria penerima BLT DD tersebut. Untuk itu, kata dia, sebagai syarat pencairan dana ini kita himbau kepada warga untuk melengkapi semua berkas-berkas yang diperlukan seperti fotocopy KK dan KTP.

Turut hadir pada pembagian dana BLT DD tersebut diantaranya Camat Gunungsitoli, Mario Otomosi Zebua, Babinsa Koramil 01 Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Hilina,a, Pendamping Desa, Ketua BPD Hilina’a, Ketua LPM dan masyarakat.

Sebelumnya, jelas Donisi Zebua, warga bersama perangkat desa juga sudah melakukan musyawarah untuk memutuskan cara pendistribusian BLT ini. Dua opsi yakni opsi pertama disalurkan secara tunai dan opsi kedua di transfer ke rekening masing-masing penerima manfaat. Namun, lanjutnya, warga lebih memilih opsi pertama yaitu disalurkan secara tunai.

Kades Donisi Zebua, berpesan kepada warga penerima manfaat BLT itu untuk menggunakan dana bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bukan untuk kegiatan negatif. (Ramos Hulu)