3rd Indonesia Open 2024 Ajang Talent Scooting dan Regenerasi Atlet

HEADLINE, Olahraga37 Dilihat

Jakarta, LiniPost – Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) bakal mengadakan 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024 pada 4-14 Juli. Event gymnastics bergengsi Tanah Air ini dipastikan lebih meriah karena mempertandingkan lebih banyak disiplin, yaitu artistik, aerobik, ritmik, trampoline dan parkour.

Ketua Gymnastics Indonesia Ita Yuliati mengatakan, Indonesia Open merupakan ajang talent scooting dan regenerasi atlet. Khususnya pencarian bibit yang  dapat membanggakan Merah Putih di single-event dan multi-event internasional.

Baca Juga: Mensos RI Puji Keberanian Ilham, Anak SD yang Kirim Surat ke Polisi

“Sekarang tantangan kita adalah mencari bakat-bakat setaraf Rifda Irfanalutfi yang bisa lolos di Olimpiade 2028 dan seterusnya. Gymnastics Indonesia memanfaatkan kesempatan Indonesia Open ini untuk talent scooting dan regenerasi melalui pembinaan yang berkelanjutan,” kata Ita dalam keterangannya, Kamis (4/7/2024).

Ia turut mengapresiasi dukungan fasilitas dari beberapa pihak, sehingga Indonesia Open kali ini dapat mempertandingkan lebih banyak disiplin. Pada edisi pertama tahun 2022, Indonesia Open hanya mempertandingkan disiplin artistik. Setahun berselang, Indonesia Open mempertandingkan tiga disiplin, menjadi artistik, ritmik, dan aerobik.

Baca Juga: Sumbang Empat Emas, Pencak Silat Berjaya di Kategori Seni AUG 2024

Untuk tahun ini akan ada lima disiplin, di mana disiplin artistik dan ritmik diselenggarakan di British School Jakarta (BSJ), aerobik di GOR Bulungan, trampoline di Bounce Street, dan parkour di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Sebagai cabang olahraga yang membawahi enam disiplin, gymnastics sebenarnya membutuhkan fasilitas hall lengkap yang fungsi dan kebutuhannya berbeda-beda. Untuk itu, kami berterima kasih kepada Principle of BSJ David Butcher dan jajarannya yang sudah mendukung Gymnastics Indonesia dalam memberikan fasilitas Gedung olahraga BSJ untuk pelaksanaan event ini, dan kami berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dalam jangka waktu menengah dan panjang,” katanya.

“Kami juga berterima kasih kepada Dispora DKI Jakarta yang sudah memberikan support tempat di GOR Bulungan. Begitu juga Bounce Street sebagai patner untuk perlombaan trampoline. Tak lupa juga kepada Kemenpora atas dukungannya yang sudah menyiapkan tempat untuk disiplin parkour,” sambung dia.

Ke depan, Ita berharap Indonesia dapat memiliki gymnastics hall dengan fasilitas lengkap yang bisa digunakan tak hanya sebagai tempat latihan atlet-atlet pelatnas, tetapi juga untuk turnamen.

Menurutnya, saat ini Kemenpora tengah membangun fasilitas Gymnastics Hall di Cibubur yang dikabarkan rampung Oktober mendatang. Ia berharap fasilitas tersebut dapat menjadi sentral pelatihan bagi atlet gymnastics Indonesia.

Baca Juga: Menko Marves: Indonesia Siap Jadi Pemain Kunci Pasokan Global Kendaraan Listrik

Indonesia Open 2024 diikuti lebih dari seribu atlet,yakni 770 atlet akan turun di disiplin artistik, 155 atlet di ritmik, 52 atlet di trampoline, 75 atlet di aerobik, dan 73 atlet di parkour. Alita menjadi sponsor utama Indonesia Open 2024, dan disupport oleh Taspen, British School Jakarta, Taishan, Brick, Global Vista, serta Primaraya Hospital yang membantu untuk disiplin trampoline.

*Agenda 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024*

– 4 Juli – British School Jakarta, Bintaro – Podium Training

– 5-7 Juli – British School Jakarta, Bintaro – Men’s Artistic Gymnastics (MAG) & Men’s Artistic Gymnastics (WAG)

– 8-10 Juli – British School Jakarta, Bintaro – Rhythmic Gymnastics

– 9-10 Juli – GOR Bulungan – Aerobic Gymnastics

– 11-12 Juli – Bounce Street, Kelapa Gading – Trampoline

– 13-14 Juli – Halaman Kemenpora, Senayan – Parkour.