oleh

Dana Covid-19 di Nias Utara Terealisasi Rp3,8 Miliar

-Daerah-2.945 views

Nias Utara, LiniPost – Anggaran Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Nias Utara (Nisut) yang telah dianggarkan sebesar Rp30,5 miliar, hingga kini sudah terpakai/terealisasi kurang lebih Rp3,8 miliar.

Hal ini dikatakan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias Utara Ya’adil Telaumbanua kepada LiniPost.Com di Ruang Kerjanya Jum’at, (24/7/2020).

Ya’adil mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa menyampaikan rincian penggunaan dana yang sudah terealisasi sebab Dinas yang membidangi belum menyampaikan.

“Rincian dana yang terealisasi merupakan kewenangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Utara selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) bersana Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang mengetahui hal itu,” sebutnya.

Untuk saat ini, lanjut Jubir Gugus, yang bisa dia sampaikan adalah hanya sesuai data yang disampaikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Nias Utara. “Dana Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Nias Utara sudah terpakai kurang lebih Rp3,8 miliar,” terangnya.

Yang sudah terkonfirmasi kepada pihaknya terkait penggunaan dana Rp3,8 miliar tersebut digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), alat kesehatan, pengadaan mobil ambulance untuk pasien Covid-19, pengadaan sembako untuk masyarakat yang tidak terkafer pada  Bansos Provinsi (dipaketkan dalam kantongan plastik).

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Nias Utara, Herman Zebua, saat dikonfirmasi LiniPost.Com via seluler, Sabtu, (25/7/2020), mengatakan bahwa rincian penggunaan Dana yang sudah terealisasi Rp3,8 miliar. Pihaknya juga tidak bisa menyampaikan rincian penggunaan anggaran tersebut, sebab  sudah ada Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias Utara.

“Nanti saya hubungi Juru bicara pak,” ucapnya sambil menutup sambungan seluler. (Man Lahagu)

News Feed