64.097 KK di Nisel, Akan Terima Bansos

Daerah474 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Sebanyak 64.097 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Nias Selatan akan menerima bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Pusat dan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Bantuan tersebut sedang dikemas dalam bentuk paket sembako yang akan dibagikan dalam waktu dekat kepada 64.097 KK yang terdampak Covid-19 dan bagi keluarga tidak mampu,” kata Kadis Sosial Nisel, Intansani Haria saat ditemui wartawan di Ruang Kerjanya, Rabu, (13/5/2020).

Ia menjelaskan, calon penerima Bansos  itu tersebar di wilayah Kabupaten Nias Selatan. “Para penerima manfaat adalah warga Nisel yang sudah terdata di  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  (DTKS), tergolong sebagai keluarga miskin dan berpenghasilan rendah. Sedangkan, warga penerima PKH, Bansos Sembako (BPNN) termasuk PNS, Aparat Desa, tidak bisa menerima Bansos tersebut,” tandasnya.

Kata dia, yang mendistribusikan bantuan itu nantinya ke warga adalah anggota TNI/Polri bekerjasama dengan pemerintah daerah, kecamatan hingga tingkat pemerintahan desa.

“Pembagian paket Sembako itu,  kita harapkan tepat sasaran atau betul-betul kepada warga terdampak Covid-19, diantaranya, kepada para buruh, penjual sayur di kaki lima, tukang bangunan, tukang becak, buruh yang kena PHK, nelayan, dan petani,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab Nisel juga melalui bidang sosial atau bidang jaring pengaman sosial telah menyiapkan program bantuan Sembako kepada warga khususnya kepada warga yang belum mendapatkan bantuan dari pihak Pemerintah Pusat dan Provinsi.

“Untuk menghindari terjadinya timpa tindih penerima bantuan, maka bantuan sembako dari Pemkab akan disalurkan setelah selesai pendistribusian bantuan Sembako dari pusat dan provinsi. Program bantuan itu juga berpatokan pada regulasi yang ada,”  pungkasnya.

Beberapa jenis program bantuan lain  juga sebelumnya, sudah dijalankan oleh Pemkab Nisel melalui Dinas Kesehatan dan instansi lain seperti pembagian masker, penyemprotan disinfektan, dan lainnya.

Agar bantuan merata didapatkan masyarakat, Pemkab Nisel melalui Dinas Sosial menghimbau kepada seluruh Kepala Desa secepatnya menyerahkan data warganya secara valid.

Selain 64.097 KK penerima bantuan paket Sembako dari Pemerintah Pusat dan Provsu, ada juga 10.926 warga Nisel yang akan mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI sebesar Rp.600 ribu per bulan selama 3 bulan. (Discon Gws)