67 Desa di Nisut Telah Menetapkan Perdes Kewenangan Desa

Daerah, HEADLINE1282 Dilihat

Nias Utara, LinPost – Wujudkan harapan pemerintah agar tercipta desa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, sangat perlu ditetapkan peraturan desa (Perdes) tentang kewenangan desa sehingga desa berkewenangan penuh mengatur dan mengurus urusan pemerintahan di setiap desa.

“Kabupaten Nias Utara yang merupakan kabupaten otonomi baru tidak mau ketinggalan, dimana hingga saat ini 67 desa dari 112 desa sudah menetapkan peraturan desa tentang kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa,” ujar Bupati Nias Utara (Nisut) Amizaro Waruwu pada acara fasilitasi penataan kewenangan desa, Jum’at (3/3/2023).

ads

Bupati menegaskan, berhubung peraturan desa tentang kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa sangat penting yang merupakan mata rantai dalam proses perencanaan pembangunan desa, maka desa yang belum menyusun dan menetapkan peraturan desa tentang kewenangan desa yang 45 desa lagi agar secepatnya diselesaikan dan ditetapkan.

Anggota DPRD Nisut Dalifati Ziliwu mengapresiasi kegiatan fasilitasi penataan kewenangan desa sebagai upaya menciptakan pengelola desa yang berkualitas dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Melalui fasilitasi penataan kewenangan desa, ia berharap pihak penyelenggara pemerintahan di desa mampu mengimplementasikan apa yang telah disampaikan oleh Pemkab Nisut.

“Adanya kemitraan yang baik antara pemerintah desa dengan BPD di masing-masing desa sehingga dapat berjalan tupoksi dengan baik sesuai waktu dan regulasi yang ada, dan kita tidak temui lagi desa di Kabupaten Nias Utara yang telat menetapkan APBDesa,” harap dia.

Untuk mewujudkan desa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, sambung dia, pemerintah desa dan BPD harus mampu mengembangkan potensi desa serta inovasi-inovasi di dalam desa sebagai upaya dalam menghasilkan PAD Desa.

Ia mengucapkan selamat kepada beberapa desa yang mendapatkan penghargaan atas prestasi tercepat penetapan APBDesa

“Semoga menjadi tetap yang terbaik ke depan. Mari sama-sama menjadi berkat untu rakyat Nias Utara, laksanakan tugas dengan baik dan sungguh-sungguh,” ajaknya. (Man Lahagu)