Aksara Batak Diperlombakan Pada Festival Museum Sumut

Medan, LinPost – Festival Museum Sumut 2020 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menggelar perlombaan Aksara Batak di Museum Negeri Sumut Jalan HM Joni Kota Medan, Jumat (18/9/2020).

Kasi Koleksi Edukasi, Biliater Situngkir, menyebut bahwa perlombaan itu digelar guna mempertahankan dan mengantisipasi punahnya aksara Batak agar tetap diketahui masyarakat tentang peninggalan leluhur Batak.

ads

“Lomba ini kita laksanakan guna mengingat adanya peninggalan leluhur yaitu Naskah Batak atau Pustaha Laklak. Sehingga tidak hilang ditelan kemajuan zaman. Atas dasar itu, kami berupaya untuk melestarikan dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas,” katanya.

Dijelaskannya, perlombaan aksara Batak tersebut dibuka untuk umum, yang saat ini telah diikuti sebanyak 26 peserta, mulai dari tingkat pelajar, perguruan tinggi, hingga masyarakat umum.

Menurut dia, teknis pada lomba tersebut dilaksanakan dalam dua sesi, yakni menterjemahkan aksara Batak ke dalam tulisan, dan sesi membaca aksara Batak secara lisan.

“Teknisnya nanti akan kita beri teks latin. Selanjutnya peserta menterjemahkannya ke aksara Batak. Sedangkan pada sesi kedua, peserta diberikan naskah aksara Batak untuk diartikan,” terangnya.

Sementara, pada kategori menulis, dilakukan secara bersamaan selama 15 menit, dilanjutkan dengan kategori membaca yang pesertanya dipanggil satu persatu, sehingga apa yang telah dibacakan tidak diketahui peserta lainnya. (Syaifuddin Lbs)