Aspotmaral Saksikan Atraksi Lompat Batu di Desa Tradisional Bawomataluo

Nias Selatan, LiniPost – Asisten Potensi Maritim TNI AL (Aspotmaral) Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah mengunjungi Desa Adat Bawomatoluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan sekaligus menyaksikan atraksi lompat batu yang dilakukan oleh sejumlah pemuda setempat, Selasa (27/9/2022).

Selain berkunjung ke Mako Lanal Nias, Aspotmaral juga mengunjungi Desa Lagundri, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan untuk membuka secara resmi kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) dengan materi Sosialisasi Pemahaman Peraturan Bidang Maritim Kepada Komponen Masyarakat Maritim dan Rencana Pencanangan Kampung Bahari Nusantara di wilayah kerja Lanal Nias.

ads

Dalam kesempatan itu, Sekda Nias Selatan mewakili Bupati Nias Selatan memberikan cindera mata kepada Aspotmaral dan Ibu Ayu Nur Alamsyah berupa pemasangan baju adat Desa Bawomatalu. Cindera mata juga diberikan kepada Paban II Puan Spotmaral Kolonel Laut (P) Mulyadi.

Aspotmaral Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah dalam sambutannya mengatakan agar Tradisi dan Cagar Budaya dapat dirawat dengan baik sehingga di masa-masa mendatang tetap lestari. Aspotmaral juga berharap agar generasi muda bisa menjaga dan melestarikan budaya yang ada.

Kegiatan Aspotmaral beserta rombongan ke Desa Bawomataluo didampingi oleh Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu dan Ibu Pingkan Manuhutu dan Perwira staf serta Pengurus Cabang 5 Korcab II DJA I. Tak hanya itu, Aspotmaral mengunjungi makam salah satu tokoh Nias Selatan yang bernama Soenigeho. (Sintel Lanal Nias/Red)