Babinsa Hadiri Giat DIP4T di Mazino

TNI/POLRI34 views

Nias Selatan, LiniPost – Babinsa Koramil 12/Telukdalam, Serda Mr. Tambunan menghadiri undangan dalam rangka penyuluhan data dan informasi penguasaan pemilikan penggunaan pemanfaatan tanah (DIP4T) yang digelar BPN Nias Selatan Tahun 2022 di Gedung Gereja Bethel Indonesia (GBI), Desa Hilizalootano Laowo, Kecamaran Mazino, Kabupaten Nias Selatan, Sumut (14/3/2022).

Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega kepada LiniPost.com menuturkan, hari ini pihaknya melalui Babinsa turut hadir pada acara penyuluhan data dan informasi penguasaan pemilikan penggunaan pemanfaatan tanah (DIP4T) yang digelar BPN Nias Selatan tahun 2022 yang bertujuan memberikan informasi bagaimana cara setiap warga Negara memiliki surat sertifikat tanah sebagai bukti sah kepemilikan tanah.

ads

“Serta untuk memberikan pedoman dan arahan penyuluhan DIP4T dalam rangka penyelesaian penguasaan tanah yang berada di dalam kawasan wilayah Kecamatan Mazino,” ujar Danramil.

Kepala BPN Nisel, Daniel Saragih SH menyampaikan bahwa pihaknya merupakan tim untuk memberikan penyuluhan DIP4T. “Kami merupakan tim untuk memberikan penyuluhan data dan informasi penguasaan pemilikan penggunaan pemanfaatan tanah (DIP4T) ini adalah proses awal atau pengambilan data awal dari kegiatan yg akan dilaksanakan selanjutnya,” ujarnya.

Dan nantinya, sebut dia, akan ada petugas yang akan datang di desa ini dalam rangka untuk pendataan kepemilikan tanah-tanah di desa ini tanpa terkecuali. “Misalnya tanah pekarangan, tanah perkebunan, sawah dan sebagainya,” katanya.

Kemudian, semua akan didata setiap objeknya, misalnya berbatasan dengan siapa, asal tanah dari mana, apakah dari pembelian, wariasan atau hibah, dan sebagainya. Namun baru sebatas data, sebab data tersebut sangat berguna untuk acuan kegiatan-kegiatan pertanahan.

“Selanjutnya, begitu juga dari hasil pendataan tersebut akan nampak potensi di desa ini sudah seberapa banyak masyarakat yang sudah memiliki sertifikat atas tanah atau seberapa banyak tanah yang belum tersertifikatkan di desa Hilizalootano Laowo,” ujarnya.

Camat Mazino, F.Zamili mengucapkan terima kasih kepada Babinsa karena telah menghadiri undangan penyuluhan tersebut. “Kami harap kepada Pak Babinsa dapat mendampingi para tim dan juga warga agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan di lapangan,” pungkasnya.

“Dan juga kami berterimakasih kepada kepala BPN Nisel serta rombongan yang telah memberikan penyuluhan data dan informasi penguasaan pemilikan penggunaan pemanfaatan tanah kepada kami, semoga ke depan kegiatan pendataan ini dapat terlaksana sesuai yang diharapkan,” sambung dia.

Kegiatan tersebut belangsung dengan baik dan aman dengan mengikuti Prokes. (Red)