oleh

Babinsa Koramil Telukdalam Dampingi Poktan Buat Penghalau Hama Burung Pipit

Nias Selatan, LiniPost – Babinsa Koramil 12/Telukdalam Koptu Farwis Siregar dan Prajurit Kepala Donni Kurniawan, melaksanakan pendampingan terhadap kelompok tani (Poktan) Hume di Desa Bowohosi Kecamatan, Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, Sumut, Kamis (23/9/2021).

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin Angin melalui Danramil Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega dalam keterangannya yang diterima LiniPost.com menyebut, upaya mewujudkan swasembada pangan di wilayah, Babinsa turun ke sawah mendampingi para petani padi di Desa Bowohosi untuk membantu membuat penghalau hama burung pipit.

ads

“Kali ini Babinsa kita ikut memasang tiang penghalau hama burung pipit dari batang bambu, yang diikat tali menuju pondok yang ada di sawah tersebut. Dengan tujuan, bila hama burung pipit memakan bulir padi maka penjaga sawah dapat mengendalikan dengan cara menarik tali yang sudah dipasang dan bambu yang diikat ikut bergerak, sehingga burung menjauh dari sawah,” paparnya.

Upaya ini kata dia, merupakan alat tradisional yang sudah turun temurun dilakukan oleh para petani, sehingga hasil panen mereka nantinya tidak mengecewakan.

“Ada sekitar sekitar 10 hektar luas sawah untuk kelompok tani tersebut dan umur padi yang sudah ditanam sudah 80 hari,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap kepada semua pihak semoga ke depan memberi perhatian kepada kelompok tani ini, agar hasil panen mereka meningkat dan kebutuhan pangan juga di wilayah dapat terpenuhi.

Kelompok tani Hume sangat berterimakasih kepada Babinsa yang sudah mendampingi dan membantu mereka dalam mengelola lahan sawah.

(Red)