Bangun Komunikasi, HNSI Nisel Beraudiensi ke Danlanal Nias

Daerah, HEADLINE3 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Masih dalam rangka membangun komunikasi, kolaborasi, dan sinergi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di wilayah, Ketua Dewan Pengurus Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Provinsi Sumatera Utara, Rindu H. Halawa didampingi Sekretaris DPC HNSI Konstan K Dachi beserta sejumlah jajaran, beraudiensi kepada Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo di Mako Lanal Nias Solimbu Asi Sataro Jalan Baloho, Teluk Dalam, Rabu, (6/12/2021).

Rindu Halawa pada kesempatan itu, memperkenalkan kepada Danlanal bahwa HNSI Kabupaten Nisel telah melakukan konsolidasi kurang lebih satu bulan untuk pembentukan pengurus di tingkat kecamatan hingga ke tingkat Desa/Kelurahan yang akan selalu bekerja melakukan observasi registrasi akan data nelayan yang akurat.

ads

“Itu salah satu bagian komitmen HNSI Kabupaten Nisel sesuai yang kami sampaikan kepada Ketua DPD HNSI Provinsi Sumatera Utara,” ungkap Halawa.

Ia menyebut, seperti para senioritas pendahulu pengurus DPC HNSI Nisel, telah eksis dalam memantau langsung di lapangan, akan tetapi, pihaknya ada melihat beberapa kekurangan, yakni terutama dalam penginputan data nelayan yang akurat.

“Kami juga disini, utarakan bahwa HNSI Kabupaten Nisel telah membentuk HNSI di tingkat desa/kelurahan yang akan bekerja eksis dalam penginputan data yang lebih akurat sampai ke tingkat bawah,” kata Halawa.

Ia memaparkan, lembaga HNSI dari tingkat Pusat hingga ke daerah merupakan mitra semi permanen pemerintah yang telah di SK kan.

“Kami bukan hanya butuh satu SK saja, tetapi kami juga butuh wejangan dan pengembangan koordinasi yang baik terhadap stakeholder dan beberapa pihak terkait di dalamnya, dalam memperjuangkan hak-hak para nelayan terutama dalam pendataan,” ujar dia.

“Tentunya besar harapan kami, kiranya antara HNSI Nisel dan Pak Danlanal Nias bisa tercipta komitmen dan kesepakatan, terutama dalam pengamanan teritorial zona konkrit dan pengamanan terkait hak-hak para nelayan, agar terbangunnya ekonomi masyarakat Nisel terutama para nelayan,” harap dia menambahkan.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Nisel itu juga menuturkan, beberapa jenis temuan dari para nelayan akan kondisi lingkungan laut, seperti di Hibala yang acap kali sering terjadi pengeboman ikan.

“Dan harapan kami tentunya, hal ini kami sampaikan kepada siapa lagi, kalau bukan kepada Lanal kita. Termasuk tentang jual beli bibit lobster yang semakin marak di tengah-tengah masyarakat khususnya lingkungan nelayan,” pungkasnya.

Disamping itu, pihaknya juga menyampaikan data pemilik dan nelayan yang telah dirampungkan dalam beberapa waktu terakhir. “Hal ini, kiranya menjadi bekal dalam penyampaian kepada KKP Pusat nantinya,” sebutnya.

Martiman Sarumaha sebagai Dewan Penasehat DPC HNSI Kabupaten Nisel mengutarakan, dengan adanya Lanal Nias ini, kiranya status ekonomi zona laut Nisel, terutama wilayah barat dapat berubah dari zona miskin menjadi zona pintu gerbang, dan hal ini mudah-mudahan dapat disampaikan ke Pusat dan menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Tentunya, salah satu diantaranya dengan terciptanya komitmen dan konsolidasi yang baik antara HNSI Nisel dan Lanal Nias,” pinta Sarumaha.

Menanggapi hal tersebut, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, menyambut baik kedatangan HNSI Kabupaten Nisel dan jajarannya.

“Di Nias ini banyak kerawanan yang terjadi, jadi dengan adanya HNSI ini, kita sambut baik dan menjadi corong ke depannya tentang hak-hak dan kewajiban para nelayan,” ujar Hendro.

Danlanal juga berpesan, agar HNSI Nisel bisa memberitahu dan menginformasikan kepada para nelayan dan para pelaku usaha, agar melengkapi segala bentuk surat dan dokumen-dokumen terkait dengan usahanya, karena semua itu ada aturan hukumnya.

“Dengan adanya HNSI di Nias Selatan, kita mengharapkan agar segala bentuk informasi dan masukan dapat terjalin dengan baik, jangan ada yang disampaikan ke luar tanpa ada klarifikasi, terutama di medsos,” pesan dia.

Usai acara, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata antara Ketua DPC HNSI Kabupaten Nisel dan Danlanal Nias sekaligus foto bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Palaksa Lanal Nias Mayor Mar Ahmad Fauzi M.Tr.Opsla, Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Yudiono, Dansubunit Intel Lanal Nias Lettu Laut (P) Amir Husin Lubis. (Aris Zalukhu)