Cegah Karhutla, Babinsa Koramil Telukdalam Terus Aktif lakukan Pemantauan Wilayah

TNI/POLRI175 views

Nias Selatan, LiniPost – Kondisi cuaca yang cukup terik akibat musim panas di Desa Bagoa, Kecamatan Aramo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, sehingga masyarakat sering melakukan pembukaan lahan baru dan membakar kayu, semak dan daun kering.

Untuk itu, Babinsa Koramil 12/Telukdalam terus memantau dan memonitor wilayah serta mensosialisasikan tentang pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Desa Bagoa, Jumat, (4/3/2022).

ads

Kegiatan dilakukan oleh Babinsa Koramil 12/Teluk dalam Kodim 0213/Nias Sertu RJ.Siburian bersama masyarakat.

Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega kepada LiniPost.com mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mencegah atau mendeteksi secara dini kebakaran hutan dan lahan yang merupakan bagian dari tugas komando kewilayahan.

”Pada dasarnya pencegahan Karhutla itu tidak hanya menjadi kewajiban bagi Babinsa saja, akan tetapi menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat,” ujar Danramil.

Oleh karena itu, lanjut Danramil, diperlukan kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah Koramil 12/Teluk dalam.

”Kita harus tindak lanjuti, mulai dari berbagai unsur, diantaranya kalangan masyarakat maupun Muspika, agar menghimbau masyarakat untuk mencegah Karhutla, karena kebakaran hutan dan lahan bukan semata-mata masalah di wilayah, tapi sudah menjadi tanggung jawab Nasional,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Babinsa bersama masyarakat Desa Bagoa, Kecamatan Aramo turun melihat kondisi wilayah dengan membersihkan tumpukan kayu, semak dan daun kering yang berpotensi akan cepat terbakar bila terkena api.

“Dan kepada warga sekitar, kita menyampaikan imbauan dan informasi agar tidak sembarangan membakar tumpukan kayu, semak dan daun kering di lahan yang nanti akan merambat hingga berakibat terjadi bencana kebakaran,” pungkasnya.

Kades Bagoa, Talijanaha Buulolo mengucapkan terima kasih kepada Babinsa atas imbauan untuk mencegah Karhutla di wilayah Desa Bagoa, Kecamatan Aramo.

“Kami berharap ke depan untuk terus waspada serta melakukan pencegahan sebelum terjadi bencana kebakaran,” pintanya.

Ia juga mengimbau warganya agar berkontribusi dalam mencegah terjadinya Karhutla. (Red)