Cegah Penyebaran Corona, Bupati Hilarius Duha Himbau Warganya Diperantauan Untuk Tidak Pulang Dulu

Daerah5 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, menghimbau warganya yang ada di wilayah perantauan untuk tidak pulang ke kampung halaman guna mencegah penyebaran wabah virus Corona atau Corona visrus disiease (Covid-19). Hal itu dikatakannya usai dilakukan kegiatan Penyimprotan cairan disinfektan secara masal dan pembagian masker kepada warga di Kota Telukdalam, Selasa (31/03/2020).

“Kalau tidak terlalu penting baiknya untuk tidak pulang ke kampung halaman dulu, baiknya dilakukan karantina diri sendiri dulu di daerah dimana berada,” ujar Hilarius Duha sembari memberi himbauan.

ads

Pada kesempatan itu, beliau juga meminta agar masyarakat dapat mematuhi petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah dalam penanganan wabah Corona agar dapat terhindar dari kasus Corona tersebut.

Dari hasil keterangan Kepala Dinas Kesehatan Nias Selatan, dr Henny Duha, mengungkapkan saat ini ada 610 orang dalam pemantauan (ODP) Terkait Corona ini.

Disampaikannya 610 orang ODP tersebut merupakan warga Nias Selatan yang pulang dari perantauan.

“Sejak kita cek mulai dari Bandara Binaka dan Pelabuhan pada 18 hingga 29 Maret 2020 status ODP di Nias Selatan mencapai 610 orang, semuanya warga yang berasal dari seberang (perantauan),” ungkap dr Henny Duha.

dr Henny Duha, menyampaikan 18 orang ODP Corona yang diperiksa pada 18 maret semuanya sehat. Ia pun menghimbau agar orang berstatus ODP ini agar selalu koordinasi dan melakukan pengecekan di fasyankes terdekat.

“Bila ada gejala-gejala seperti batuk, pileg disertai panas agar segera melakukan pengecekan diri di fasyankes terdekat,” tukas dr Henny Duha (Red)