Cegah Penyebaran Corona, Pemdes Dahana Hiligodu Gelar Sosialisasi Hidup Sehat

Daerah, HEADLINE1 Dilihat

Nias Utara, LiniPost – Dalam rangka mencegah penyebaran pandemi Covid-19 mulai dari tingkat Pusat hingga ke tingkat Desa, berbagai cara terus dilakukan. Tidak ketinggalan Pemerintah Desa (Pemdes) Dahana Hiligodu Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara (Nisut) juga ikut ambil bagian dengan melaksanakan Sosialisasi Hidup Sehat, Kamis (26/8/2021) di Balai Desa Setempat.

Sosialisasi tersebut bertujuan agar masyarakat desa Dahana Hiligodu mengenal cara hidup yang sehat dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari, sehingga bisa terhindar dan penularan  penyebaran Covid-19. Demikian diungkapkan Sekretaris Desa Dahana Hiligodu, Nofirman Gea, dalam sambutannya saat acara sosialisasi itu.

ads

Ketua BPD Dahana Hiligodu, Firman Lahagu dalam sambutannya mengajak seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti dengan serius, sehingga apa yang disampaikan nara sumber dapat diterapkan mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masing-masing.

“Jangan kita renehkan pandemi Covid-19, sebab virus itu dikenal sangat ganas, mari kita terus patuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktifitas,” imbaunya.

Sementara, Kepala Desa Dahana Hiligodu, Aserieli Gea menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan agar seluruh masyarakat mengetahui apa saja gejala dan cara pencegahan pandemi Covid-19, dengan harapan masyarakat bisa melakukan pencegahan dan meminimalisir penyebarannya, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

“Sosialisasi yang dilaksanakan hari ini merupakan program pemerintah desa yang telah disepakati bersama dengan BPD dan telah tertuang dalam APB Desa Dahana Hiligodu tahun anggaran 2021,” katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Kabupaten Nisut, Isari Zendrato sebagai nara sumber, mengajak seluruh peserta sosialisasi untuk melakukan beberapa hal dalam mencegah penyebaran Covid-19, meliputi memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan jauhi kerumunan.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat, vitamin yang meningkatkan daya tahan tubuh. Dan bila ada gejala demam disertai batuk kering, ia menyarankan agar segera mendatangi Puskesmas/rumah sakit atau pos pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan medis.

“Sampai saat ini, belum ditemukan obat yang bisa mengobati penyakit Covid-19, untuk itu tetap patuhi protokol kesehatan dan ikuti program vaknisasi,” pungkasnya.  (Man Lahagu)