oleh

Dalam Rangka HUT TNI AL ke-77, Lanal Nias Gelar Bhakti Kesehatan

Nias Selatan, LiniPost – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-77, tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022, TNI Angkatan Laut menyelenggarakan bhakti kesehatan secara live di seluruh Satker TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia, yang terpusat di KRI Semarang-594, Selasa (6/9/2022). Bhakti Sosial yang dilaksanakan itu berupa donor darah, khitanan massal dan pemeriksaan gigi.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias yang merupakan salah satu Satker TNI Angkatan Laut juga melaksanakan bhakti kesehatan, bertempat di Halaman SD Negeri Dharma Caraka, Jalan Baloho Indah, Nomor 5, Kecamatan Teluk Dalam,  Kabupaten Nias Selatan.

ads

Sebanyak 5 orang tenaga medis dari Balai Pengobatan Lanal Nias dibantu oleh 3 orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Telukdalam dan 8 orang dari PMI Kota Gunungsitoli dikerahkan untuk mendukung kegiatan bhakti kesehatan tersebut. Lettu Laut (K) dr. Izfan Yulfiansyah selaku koordinator lapangan mencatat  30 orang mengikuti donor darah, 18 orang mengikuti Khitanan dan 54 orang yang mengikuti pemeriksaan gigi.

Bhakti kesehatan yang dilaksanakan secara serentak itu disaksikan langsung secara Virtual oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyapa seluruh prajuritnya yang menyelenggarakan bhakti kesehatan secara virtual dan menyampaikan pesan agar masing-masing satuan penyelenggara bhakti kesehatan dapat bekerja dengan maksimal dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati serta memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan pasien atau masyarakat.

Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu  yang hadir langsung menyaksikan kegiatan khitanan massal tersebut menyampaikan, kegiatan ini adalah sebagai rangkaian memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022 dengan mengadakan donor darah, khitanan dan pemeriksaan gigi, semua ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Alhamdulillah pada hari ini Lanal Nias dapat menyelenggarakan bhakti kesehatan, yang mana sampai dengan saat ini sebanyak 102 orang mengikutinya dengan rincian, donor darah 30 orang, khitanan 18 orang dan pemeriksaan gigi 54 orang,” jelas Danlanal.

Selain kegiatan bhakti kesehatan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan program laut  bersih, direncanakan besok hari Rabu 07 September, kemudian dilanjutkan dengan penanaman tanaman sebagai program ketahanan pangan. Kemudian acara puncak HUT TNI Angkatan Laut akan diselenggarakan pada hari Senin tanggal 12 September 2022.

“Untuk diketahui bersama, bahwa acara yang diselenggarakan lebih kurang selama sepekan ini, dilaksanakan di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut se-Indonesia adalah dalam rangka pemecahan rekor MURI untuk kategori khitanan massal terbanyak dan pengobatan gigi terbanyak. Hal ini tentunya sesuai dengan perintah dan arahan pimpinan, dalam hal ini Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono,” tegas Danlanal Nias.

“Kami sebagai Instansi TNI Angkatan Laut di Kabupaten Nias Selatan akan selalu siap melaksanakan perintah Pimpinan, apalagi hal ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat atau kegiatan kemanusiaan dan sosial, kami harus bisa dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, serta akan berupaya mendukung semaksimal mungkin kegiatan tersebut dengan fasilitas kesehatan yang kami miliki,”  sambung dia.

Turut hadir saat itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Selatan dr. Heni Duha, Kadis Pendidikan Nurhayati Telaumbanua, Dandenpom Lanal Nias Mayor Laut (PM) Arisman, Kabag Sumda Polres Nisel Kompol Desrahman Jaya Hia, Pjs. Danramil Telukdalam Peltu Inf Sahat Hutabarat, Kasi Pidum Kejari Nisel Juni Kristian Telaumbanua, Ketua Cabang 5 Korcab II DJA I Lanal Nias Ny. Pinkan Manuhutu beserta ibu-ibu Jalasenastri, Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Nias.

Kegiatan dirangkai dengan foto bersama dan ramah tamah. (Sintel Lanal Nias/Red)