Dandim Nias Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan di Nias Selatan

Nias Selatan, LiniPost – Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin Angin menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan ke-78, bertempat di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Kamis (10/11/2022).

Hari Pahlawan Tahun 2022 ini memiliki tema, “Pahlawanku Teladanku”. Upacara berlangsung dengan hikmat.

ads

“Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka,” kata Menteri Sosial RI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Dandim Nias.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya, dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya,” sambung dia.

Ia menyebut, rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu, Merdeka atau Mati! Dst.

Letkol Marky kepada wartawan juga mengungkapkan, sebagai penerus bangsa patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan kasihNYA kepada kita.

“Dan juga kita mengucapkan terima kasih kepada para Pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga serta menghargai jasa-jasanya untuk kemerdekaan Republik Indonesia sehingga kita dapat menikmati kemerdekaan itu hingga saat ini,” tuturnya.

Usai upacara, Dandim bersama unsur Forkopimda Kabupaten Nias Selatan dan peserta upacara melaksanakan ziarah upacara tabur bunga di Pelabuhan Baru Teluk Dalam. (Red)