Danlanal Nias beserta Seluruh Perwira Ikuti Pengarahan Pangkoarmada I Secara Vidcon

Nias Selatan, LiniPost – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nias Letkol Laut Jerry Henry Manuhutu didampingi para Perwira Staf mengikuti pengarahan yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. secara Vidcon dari Markas Komando Armada I Jakarta. Pengarahan tersebut dihadiri oleh seluruh perwira yang dinas di Lantamal, Lanal dan KRI di bawah jajaran Koarmada I, Rabu (27/7/2022).

Pangkoarmada I memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajurit jajaran Koarmada I yang telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi atas kerja keras dan ikhlas dalam mendukung Koarmada I.

ads

Selain itu, Pangkoarmada I juga memberikan beberapa pesan yang disampaikan kepada seluruh prajurit jajaran Koarmada I antara lain, untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas.

Dalam acara Vidcon tersebut Pangkoarmada I menyampaikan pesan dari Kasal. Pesan tersebut, pertama adalah intensifkan jam komandan, dimana tidak harus komandan yang memberikan pengarahan tapi seluruh perwira dapat memberikan pengarahan kepada prajurit.

Kedua, keberadaan TNI AL merupakan amanah atau kepercayaan mendapatkan tugas sesuai jabatan yang diemban dan suatu saat akan diminta pertanggung jawabannya. Ketiga track record personil akan dinilai untuk menentukan jabatan atau amanah ke depan dan jangan frustasi maupun putus asa.

Keempat, masih adanya kasus yang terjadi dan cenderung meningkat (desersi, insubordinasi, bunuhdiri, miras, narkoba, KDRT dan orientasi) karena kurangnya rasa syukur. Kelima siapkan generasi penerus dengan baik dan bangun kepribadian.

Keenam, menciptakan kesibukan yang berdampak positif dan jangan mengambil keputusan yang bersifat mengambang. Ketujuh, melarang prajurit untuk melaksanakan jaker. Kedelapan, semua tindak pidana harus diproses hukum pidana supaya ada efek jera. Kesembilan, tidak memberi contoh hidup mewah atau hedonis.

Pada kesempatan itu, Pangkoarmada I juga memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit jajaran Koarmada I diantaranya, tingkatkan kedisplinan, tata tertib dan PDD Khas TNI AL pembinaan secara bertingkat dan berlanjut dalam mempertahankan profesionalisme prajurit.

Selanjutnya, kembangkan inovasi baru dalam memecahkan masalah melalui kerja yang optimal dan profesional. Berikutnya, untuk selalu menjaga dan pertahankan kondisi fisik masing-masing individu maupun keluarga. Terakhir, tidak ada ruang untuk membuat kesalahan, jaga kepercayaan Negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut.

Hal ini  selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana  TNI Yudo Margono yaitu, “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara”. (Sintel Lanal Nias/Red)