DPRD Nisel Gelar Paripurna Mendengar Sambutan Bupati-Wabup yang Baru Dilantik

Daerah, HEADLINE12 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Selatan menggelar rapat paripurna untuk mendengar sambutan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih yang baru dilantik hasil Pilkada tahun 2020.

Rapat berlangsung di Aula Paripurna DPRD Nisel Jalan Soanigeho Km.3 Teluk Dalam, Kamis, (29/4/2021), dipimpin oleh Ketua DPRD Elisati Halawa, ST didampingi oleh Wakil Ketua Fa’atulo Sarumaha dan Agustana Ndruru, dan dihadiri oleh Bupati dna Wakil Bupati yang baru dilantik, Dr. Hilarius Duha, SH.,MH- Firman Giawa SH.,MH, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Komisioner KPUD, Bawaslu, tokoh rohaniawan, tokoh masyarakat, para Ketua Partai Politik se-Kabupaten Nisel, Pimpinan dan anggota DPRD, para Asisten Setdakab Nisel, dan undangan lainnya.

ads

Seperti diketahui bahwa pada Hari Senin tanggal 26 April 2021, Hilarius Duha dan Firman Giawa telah diambil sumpah dan dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayady menjadi Bupati dan Wabup Nisel, di Lt. 2 Ruang Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara,

Pelantikan itu didasari oleh Keputusan Mendagri No. 131.12– 1074 Tahun 2021 tentang Perubahan ketiga atas keputusan Mendagri Nomor 131.12-354 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota Provinsi Sumut. Selanjutnya, dinyatakan bahwa Bupati yang telah dilantik agar menyampaikan pidato sambutan sebagai Bupati pada Sidang Paripurna DPRD.

Dalam sambutannya, Bupati Nisel Hilarius Duha menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi–tingginya kepada Pimpinan dan segenap Anggota DPRD Nisel.

“Terimakasih juga kepada seluruh yang hadir dalam rapat paripurna dewan yang terhormat ini dan seluruh masyarakat atas doa restu dan dukungannya, sehingga pada tanggal 26 April 2021 yang lalu, saya bersama Firman Giawa, telah dilantik sebagai Bupati dan Wabup Nisel oleh Gubernur Sumut bersama dengan 8 (delapan) Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota lainnya se-Sumut,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu, yang siang dan malam bekerja dengan tulus, pengamanan oleh TNI/Polri serta partisipasi seluruh elemen masyarakat demi terciptanya Pemilu yang jujur dan adil, meskipun hasil akhir diselesaikan melalui sidang Mahkamah Konstitusi RI.

“Namun begitulah proses yang harus dilalui, agar demokrasi yang transparan, akuntabel dan valid dapat tercipta di bumi Nisel tercinta ini,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, ia dan Wabup tidak dapat berjalan sendiri dalam membangun Nisel, sehingga sangat membutuhkan dukungan dari segenap elemen dan seluruh masyarakat Nisel untuk dapat melaksanakan visi-misi selama menjabat sebagai Bupati dan Wabup termasuk kritik dan saran untuk kemajuan daerah Nisel.

“Berbagai problem dan perbedaan yang ada pada saat kontestasi Pilkada yang lalu, saat ini dapat diubah menjadi rajutan kebersamaan dan persaudaraan dalam rangka membangun Nisel tercinta agar roda pemerintahan berjalan secara demokrasi. Sudah saatnya kita satukan tekad dan tujuan untuk membangun Nisel yang lebih maju dan lebih sejahtera berdasarkan visi misi HD-FIRMAN,” tegasnya.

Pada akhir sambutannya, Hilarius juga mengharapkan kepada semua masyarakat agar mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nisel.

Rapat paripurna ditutup langsung oleh Ketua DPRD, dengan mengucapkan selamat kepada Hilarius Duha dan Firman Giawa sebagai Bupati dan Wabup Nisel periode 2021-2024. (Arisman Zalukhu/DisGow)