DPRD Nisel Gelar Paripurna Perubahan Jadwal Kegiatan

HEADLINE, Politik456 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah DPRD Nias Selatan (DPRD Nisel) menggelar sidang paripurna tentang perubahan jadwal kegiatan.

Rapat paripurna, dipimpin oleh Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa didampingi Wakil Ketua DPRD Agustana Ndruru, dan dihadiri oleh para anggota DPRD bertempat di Ruang Paripurna DPRD Nisel, Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk Dalam, Selasa (23/3/2021).

ads

Hadir saat itu, Kajari Nisel yang diwakili oleh Kasi Intel, Satria P. Zebua, Kapolres Nisel diwakili Wakapolres Nisel, Kompol Jauhari Lumban toruan, para OPD dan Camat lingkup Pemkab Nisel.

Plt. Sekwan Nisel, Jonh Leonardo Hulu menyampaikan bahwa perubahan jadwal kegiatan DPRD hanya dapat dirubah melalui Bamus DPRD.

Bupati Nisel dalam sambutannya disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Gayus Duha mengatakan, lembaga DPRD Nisel melalui Bamus secara berkala menjadwalkan kegiatan-kegiatan DPRD. Tentu, perubahan yang telah disusun hanya dapat dirubah melalui rapat paripurna DPRD.

“Jadi, hal ini juga mempedomani UU RI No. 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota pasal 160 ayat 2 mengenai tahapan dan mekanisme usulan pemberhentian dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih kepada Mendagri RI melalui Gubernur Sumatera Utara,” tukasnya.

Hal itu juga kata dia, telah disampaikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprovsu) No. 130/289 tanggal 19 Januari 2021, perihal pengesahan dan pengangkatan serta serahterima jabatan.

Dan didukung lagi dengan adanya surat No. 131/634 tanggal 22 Januari 2021 perihal, usul pemberhentian Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota, juga menindaklanjuti surat ketua KPU No. 81/PL.02.7-SD/1214/KPU-KAB/III/2021 tanggal 20 Maret 2021 perihal, penyampaian berita acara dan salinan keputusan penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nisel 2020.

Gayus menjelaskan, rapat paripurna hari ini, bertujuan untuk menindaklanjuti proses dan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nisel Terpilih tahun 2020.

Ia menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Nisel terhadap respon cepat dalam menindaklanjuti hasil penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

“Semoga proses ini dapat berjalan dengan lancar hingga pada proses akhir sesuai ketentuan perundang undangan,” harapnya. (Risgow)