Fahri Hamzah Dorong Fadli Zon Ungkap Sejarah PKI

Politik4 Dilihat

Jakarta, LiniPost – Mantan politikus PKS yang kini aktif di Partai Gelora, Fahri Hamzah, mendorong Fadli Zon untuk mengupas tuntas sejarah komunisme dan PKI.

“Ada anak muda sejarawan yang hebat tentang komunis dan PKI. Selama ini lebih dikenal sebagai politisi, tapi nanti malam hadirkan dia sebagai sejarawan. Namanya @fadlizon. Menurut saya dia yang punya dokumen sejarah paling lengkap. #ILCIdeologiPKI,” cuit Fahri di akun Twitter @Fahrihamzah, Selasa (29/9/2020).

ads

Fahri ingin agar Fadli Zon, mampu memberikan penjelasan yang dalam tentang sejarah ini.

Paham komunisme dan PKI menjadi perbincangan hangat di bulan September ini. Semua tokoh politik hingga kalangan masyarakat tak ketinggalan ikut memberikan respons terhadap bahaya laten komunisme.

Apalagi setelah eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengejutkan publik dengan penjelasannya terkait isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Gatot juga menyebut dirinya dipecat dari jabatan Panglima TNI gara-gara mewajibkan menonton film G30/S/PKI.

Presidium Komite Aksi Menyelamatkan Indonesi (KAMI) ini juga telah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewanti-wanti kebangkitan komunis.

Namun  Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (Sudra) Fadhli Harahab mengatakan, kebangkitan PKI sudah menjadi isu mainan kelompok tertentu dalam rangka menebar teror bahkan untuk menekan kelompok lain.

Sejak orde baru, isu PKI rutin muncul setiap tahun. Nyatanya, hingga saat ini penebar isu kebangkitan sosok PKI tidak bisa dibuktikan kemunculannya.

“Kalau PKI diibaratkan mayat yang sudah dikubur tidak mungkin bangkit lagi,” kata Fadhli. (em)