oleh

FE UNIAS Gelar Workshop Perpajakan dengan Partner Y-Tax Jakarta

Gunungsitoli, LiniPost – Untuk pertama kalinya, Fakultas Ekonomi Universitas Nias (FE UNIAS) melakukan Workshop tentang perpajakan dan menjalin kerja sama dengan Partner Your Tax (Y-Tax) Jakarta. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi atau pemahaman perpajakan terhadap pelaku UKM, bertempat di Kampus FE UNIAS, Jalan Karet, Nomor 30, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Minggu (29/5/2022) Sore.

Pj. Rektor UNIAS, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir mengikuti kegiatan workshop perpajakan yang difasilitasi UNIAS.

ads

Menurutnya, kegiatan workshop ini dilaksanakan oleh UNIAS sebagai bagian dari pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Tri Dhama perguruan tinggi salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, kenapa?, pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya yang langsung diberikan kepada masyarakat, tujuannya adalah dalam rangka menunjang pertumbuhan pembangunan di negara kita tercinta ini,” jelas Eliyunus.

Alasan pada pelatihan memilih topik perpajakan, karena banyak persoalan-persoalan perpajakan terutama kepada pelaku UKM.

“Banyak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) kurang memahami, minim pengetahuan dan kurangnya sosialisasi terkait dengan undang-undang perpajakan, apalagi baru-baru ini ada satu lagi Program Pengungkapan Sukarela (PPS),” ujarnya.

Dengan adanya workshop ini, lanjutnya, diharapkan agar para pelaku UKM di Kepulauan Nias dapat memahami terkait dengan masalah perpajakan, bagaimana cara melaporkan pajak, berapa kewajiban yang harus diberikan kepada Negara.

Selain itu, Ia menyampaikan bahwa, di Fakultas Ekonomi UNIAS ada 2 (dua) Prodi, yaitu Prodi Manajemen dan Prodi D-3 Akuntansi.

“Kalau D-3 Akuntansi terkait dengan pencatatan pembukuan, kami yakin mereka sudah bisa memahami tapi Prodi-Prodi yang lain mereka juga butuh ilmu terkait dengan pencatatan terutama masalah pelaporan pajak,” tuturya.

“Kepada adek-adek mahasiswa kita berharap ke depan mereka juga memiliki pengalaman dan pemahaman yang sama,” sambungnya.

Pada acara workshop itu, bertindak sebagai moderator, Apriman Hura, S.E., M.M., kemudian sebagai keynote speaker, Managing Partenr Y-Tax Jakarta (Konsultan Pajak), Yolanda Ferida, S.Pn., Anggota DPR RI, yang juga selalu Ketua Yaperti UNIAS, Marinus Gea, SE.,M.Ak, dan Bupati Nias sekaligus sebagai Ketua Pembina Yaperti UNIAS, Ya’atulo Gulo, S.E., S.H., M.Si.

Usai acara workshop dilanjutkan dengan penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Partner Y-Tax Jakarta sekaligus penyerahan cendera mata.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang dijalin antara lain, pengabdian kepada masyarakat, program kampus merdeka-merdeka belajar, pemanfaatan bersama sumberdaya para pihak, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kegiatan lain yang disepakati bersama oleh para pihak.

Pantauan wartawan di lokasi, acara workshop tersebut dihadiri oleh sejumlah pelaku usaha (Pengusaha), para Dosen, Senat FE UNIAS dan sejumlah mahasiswa FE UNIAS. (KZ)