Forkada Se-Kepulauan Nias Komit Perjuangkan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias

Politik233 views
Nias Utara, LiniPost – Perjuangan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias akan membahas dalam waktu dekat pada pertemuan Forum Komunikasi Kepala Daerah (Forkada) Kepulauan Nias.
Hal ini disampaikan, Koordinator Forkada Kepulauan Nias yang baru, M. Ingati Nazara kepada wartawan di Pendopo Bupati Nias Utara, Senin, (9/3/2020) didampingi Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely dan Ketua BPP- Perwakilan PKN Nias Selatan, Sidi Adil Harita.
“Apa yang sudah disampaikan oleh Ketua Badan Persiapan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias Perwakilan Nias Selatan tadi, sudah kita terima dan sudah kita terima,” katanya.
Menurut dia, pemekaran Kepulauan Nias merupakan bagian yang pertama kali akan dibahas dalam rapat kepala daerah dua minggu ke depan.
Ia juga menekankan pentingnya persatuan dalam mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias.
“Sampai saat ini, saya melihat tidak ada hambatan. Jadi, jika kita bersatu pasti tidak ada hambatan,” tegasnya.
Ditempatkan yang sama, Ketua BPP-PKN Perwakilan Nias Selatan, Sidi Adil Harita menyampaikan pendapatnya tentang perjuangan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias selama ini tidak ada pertentangan yang ditimbulkan oleh beberapa Kepala Daerah Se-kepulauan Nias yang mendukung pemekaran itu.
“Lalu, ada pertanyaan selama ini Di mana mungkin Akan Kepulauan Nias menjadi Provinsi. Bagaimana, karena kita diperhadapkan dengan moratorium. Jadi, sekali lagi katakanlah ada jalur khusus tentang ini telah tertuang dalam Pasal 49 Nomor 23 Tahun 2014, dimana ada 3 hal persyaratan utama kita Kepulauan Nias ini sama dengan Papua yaitu sebagai Daerah Kepulauan, kemudian sebagai daerah perbatasan dan sebagai daerah pertahanan nasional. Mengapa Papua bisa dan mengapa Kepulauan Nias tidak bisa. Kepulauan Nias sama posisinya dengan Papua, “tandasnya.
Ia meminta agar seluruh Kepala Daerah dan elemen masyarakat Kepulauan Nias untuk menjadikan Kepulauan Nias sebagai Provinsi depan.
“Tadi sudah kita sampaikan kepada bapak-bapak Kepala Daerah mana akan melakukan kegiatan yang akan dilakukan rencananya di Teluk Dalam yaitu seminar pemantapan wawasan kebangsaan untuk pembangunan Provinsi Kepulauan Nias. Jika bapak-bapak Kepala Daerah kita bersatu,” katanya.
Ia menambah, beberapa Kepala Daerah telah mengumumkan siap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh BPP-PKN khusus Perwakilan Kabupaten Nias Selatan.
“Jika ini telah menjadi sebuah Provinsi, yakinkan akan ada peningkatan ekonomi masyarakat dan para ASN juga yang akan menikmati pertama-tama, di mana secara otomatis diperlukan sebagai generasi-generasi yang akan bekerja di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Nias,” pungkasnya. (Merah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *