oleh

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Gunungsitoli Gelar Jambore Cabang II

Gunungsitoli LiniPost  – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar kegiatan Jambore Cabang Kedua (Jamcab II) yg dilaksanakan mulai 20-22 Mei 2022.

Ketua Kwarti Cabang Pramuka Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022) menjelaskan bahwa penyelengaraan kegiatan jambore cabang kedua ini untuk dapat membangun karakter dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi generasi muda.

ads

Sowaa mengatakan, dalam fenomena Covid-19 ini, masyarakat khususnya generasi muda dihadapkan dengan beragam kebiasaan baru diantaranya meningkatnya penggunaan mobile atau gadget, sehingga membatasi segala kreatifitas.

Maka dari itu, melalui kegiatan kepramukaan ini diharapkan dapat menjadi wadah generasi muda untuk dapat berkreatifitas, karena Pramuka merupakan garda terdepan dalam pembangunan karakter atau sumber daya manusia.

Ia menandaskan bahwa bagi peserta terbaik dalam kegiatan ini akan dinominasikan menjadi utusan pada kegiatan jambore tingkat provinsi dan tingkat nasional.

“Saya minta setiap masing-masing tim gugus depan semakin solid dan aktif menggerakkan kepramukaan di tiap satuan pendidikan,” harapnya.

Sementara, Ketua Panitia Jamcab Ke-II, Leos Baltasar Gulo, SH menuturkan, kegiatan Pramuka ini memiliki empat misi yakni, Wisata Edukasi yang bekerjasama dengan Museum Pusaka Nias, Petualangan dan Tantangan yang bekerjasama dengan Kantor Basarnas Nias, Pengenalan Teknologi yang bekerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), serta Teknis Perkemahan dan Penjelajahan yang dipusatkan di Gedung SMPN-1 Gunungsitoli.

“Kegiatan pembukaan sudah dimulai pada Jumat (20/5) kemarin, dan akan berakhir hingga Minggu (22/5) besok. Semoga melalui kegiatan ini, Jambore Pramuka Kota Gunungsitoli semakin digandrungi oleh generasi muda,” ujar Leos

Turut hadir saat itu, Kepala Disparbudpora Kota Gunungsitoli, Nur Kemala Gulo, Kepala Kemenag Kota Gunungsitoli, Saripudin Daulay serta perwakilan Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli. (KZ)