Gugus Tugas Nisel Sarankan Bandara Binaka Gunungsitoli Tidak Dibuka untuk Penumpang

Kesehatan, Nasional5,495 views

Nias Selatan, LiniPost – Demi mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kepulauan Nias, khususnya di Kabupaten Nias Selatan, Tim Gugus Tugas Nias Selatan (Nisel) menyarankan agar Bandara Udara (Bandara) Binaka Gunungsitoli Nias tidak dibuka bagi penumpang tetapi dikhususkan untuk logistik.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Sekertaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nisel, dr Heny K Duha, kepada wartawan, Sabtu, (9/5/202) lewat sambungan seluler menanggapi terkait adanya salah seorang bidan Nisel meninggal di Medan karena diduga terpapar Covid-19.

ads

“Hingga saat ini, wilayah Nisel masih zona zero Covid-19. Namun, yang dikuatirkan ketika Bandara dibuka lagi,” sebutnya.

Kata dia, meski saat ini Pulau Nias masih zona zero namun tetap warga gelisah karena Bandara dibuka lagi.  “Apalagi ada orang Nias yang baru meninggal di Medan karena Covid-19 dan kita tidak tahu dia kontak kemana dan sama siapa saja,” tuturnya.

Ia berharap agar Bandara dibuka cukup untuk logistik saja. Kalau khusus penumpang jangan dulu kecuali ada tugas penting yang bersifat mendadak.

Tetapi itu pun, terangnya, harus dikeluarkan terlebih dahulu surat kesehatannya dari pihak kesehatan dari kabupaten masing-masing.

” Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Pulau Nias yang kini masih zona aman. Kita tidak tahu virusnya lengket dimana, apakah lengket di barang atau di tubuh seseorang,” katanya. (Red)