oleh

Gunung Sinabung Kembali Keluarkan Guguran Lava Sejauh 1000 Meter 

Tanah Karo, LiniPost – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, kembali mengalami peningkatan aktivitas, Kamis (15/10/2020). Kali ini, gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini, mengalami aktivitas berupa guguran lava sejauh 1000 meter.

Ketua tim tanggap darurat Gunung Sinabung juga kepala tim pemantauan bancana gunung api Sinabung, Nugraha Kartadinata kepada wartawan menjelaskan, aktivitas guguran lava ini terjadi pada Kamis (15/10/2020) sekira pukul 13.17 WIB.

“Untuk arah luncuran guguran ini mengarah ke Tenggara dan Timur gunung. Barusan terjadi aktivitas guguran dengan arah Tenggara-Timur pada pukul 13.17 WIB, dengan jarak luncur sejauh 1000 meter,” ujar Nugraha, saat ditemui di Pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpang empat Kabupaten Karo.

Ditanya perihal riwayat aktivitas guguran, Ia menjawab, pihaknya beberapa hari terakhir sudah melihat adanya aktivitas gunung tersebut. Namun, untuk hari ini memang aktivitas guguran ini terpantau yang paling besar dari hari-hari sebelumnya.

“Sudah terekam beberapa kali, namun ini yang cukup besar. Setiap hari bisa ada empat sampai enam kali, sering kali gugurannya itu tidak terlihat secara visual karena gunung sering kali tertutup oleh kabut,” ungkapnya.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar kembali meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya Gunung Sinabung. Tak hanya itu, namun Ia juga meminta kepada masyarakat, supaya tidak memasuki zona larangan yang telah disepakati sejak lama. (Teguh Andika)

News Feed