Hasil Tes Swab Positif, Rektor USU Lakukan Isolasi Mandiri

Kesehatan174 Dilihat

Medan, LiniPost – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Dr Runtung Sitepu, dinyatakan positif terinfeksi Corona Virus Disease Covid-19, setelah menjalani tes swab, Sabtu (11/7/2020) malam.

Lantaran dinyatakan positif terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan itu, Runtung langsung melakukan isolasi mandiri di rumah yang berada di ladangnya.

ads

Menurut Runtung, awalnya dia bersama menantunya yang merupakan salah satu dokter di Rumah Sakit Royal Prima, melakukan tes swab. Namun, hasil tes menyatakan kalau dirinya positif terpapar Covid-19, sedangkan menantunya negative.

“Saya mau memberi semangat kepada menantu, maka dari itu saya menemaninya melakukan tes swab, karena dia banyak menangani pasien. Saya juga sekaligus ikut melakukan tes swab. Ternyata, saat hasil tes keluar, malah saya yang terkonfirmasi positif, sedangkan dia negatif,” ujar Runtung, Minggu (12/7/2020).

Guna menghindari penyebaran wabah terhadap orang lain, khususnya keluarganya, Runtung bahkan menyetir mobil sendiri.

“Saat tahu saya positif, saya tidak mengijinkan siapapun dekat saya, maka nya saya nyetir mobil sendiri tanpa ditemani siapapun. Sekarang saya melakukan isolasi mandiri di rumah yang berada di ladang saya,” katanya. (Syaifuddin Lbs)