Hilarius Sampaikan Apresiasi atas Rekomendasi DPRD Terkait LKPJ 2020

Daerah, HEADLINE6 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Nias Selatan, Hilarius Duha dan Firman Giawa, menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam rangka pengambilan keputusan DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Nisel akhir Tahun Anggaran 2020.

Rapat berlangsung di Aula Kantor DPRD Nisel, Jumat (30/4/2021) Jalan Saonigeho KM 3, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Elisati Halawa, didampingi Wakil Ketua (Waket) Fa’atulo Sarumaha dan Agustana Ndruru.

ads

Bupati dalam sambutannya menjelaskan, LKPJ Bupati Nisel Tahun 2020, merupakan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan dan kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun 2020.

“Hal ini sesuai Amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 71 Ayat (2) yang menyatakan bahwa Kepala Daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRD dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 pasal 20 ayat (1) tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dinyatakan bahwa paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah LKPJ diterima, DPRD harus melakukan pembahasan LKPJ,” tutur Hilarius.

Ia menyebut, berdasarkan hasil pembahasan LKPJ tersebut, DPRD memberikan rekomendasi sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan, penyusunan anggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya dan penyusunan peraturan daerah, peraturan kepala daerah dan/atau kebijakan strategis kepala daerah.

“Atas rekomendasi ini, Pemerintah Kabupaten Nisel mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan, Badan Musyawarah (Bamus) dan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Nisel atas pembahasan secara internal LKPJ Bupati Nisel Tahun 2020,” ujarnya.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya juga kepada Pimpinan dan segenap anggota DPRD atas semua rekomendasi yang telah disampaikan, dan kami sangat menghargai dan memaknainya sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan Lembaga DPRD Nisel dalam rangka mendukung serta memperhatikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Nisel ini,” pungkasnya menambahkan.

Ia menambahkan, rekomendasi ini akan disampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti sebagai bahan perbaikan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, didasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tentunya, penyelenggaraan pemerintahan telah dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan diiringi optimistis yang tinggi, namun dalam pelaksanaannya, disadari belum semua program dan kegiatan dapat terselenggara dengan baik dan optimal, mengingat tahun 2020, merupakan tahun pandemi Covid-19 dan memerlukan penanganan serius. Sehingga, pemerintah daerah melakukan penyesuaian program kerja dan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Ia berharap, semoga kemitraan seluruh stakeholder di Kabupaten Nisel ini, tetap terjalin dengan baik, guna mencapai pembangunan yang lebih merata dan mewujudkan Nisel maju, masyarakat sejahtera. (Arisman Zalukhu /DisGow)