Ini Harapan Bupati Nias saat Terima Audiensi SMSI Kepulauan Nias 

HEADLINE, Nasional506 Dilihat

Gunungsitoli, LiniPost – Bupati Nias Ya’atulo Gulo berharap pers berperan mengedukasi masyarakat.

“Mengedukasi dengan tujuan merubah mindset atau pola pikir agar semakin produktif dan termotivasi untuk maju,” ujar Ya’atulo di hadapan Panitia Pelaksana Pelantikan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepulauan Nias, saat beraudiensi di pendopo, Sabtu (22/4/2023) malam.

ads

Tim panitia yang ikut dalam audiensi diantaranya, Ketua dan Sekretaris Panitia, Riswan H Gultom dan Bothaniman J Telaumbanua, Ketua SMSI Kepulauan Nias Suarman Telaumbaua dan Wakil Ketua Kispinus Zebua.

Bupati juga berharap ke depan SMSI Kepulauan Nias benar-benar menjadi wadah profesional dalam meningkatkan kemampuan jurnalistik sehingga menghasilkan berita-berita yang mengedukasi.

Menurutnya, berita media bukan hanya menyebarkan informasi, namun lebih dari itu harus menyampaikan edukasi, hiburan, promosi sehingga berimplikasi kepada perbaikan karakter.

“Pada arus modernisasi saat ini, menjadi wartawan gampang, hal tersebut berdampak terhadap penurunan kwalitas karya tulis dan pasti berimbas kepada penyediaan informasi yang kurang akurat,” tandasnya.

Ia mengakui media saat orde baru lebih tertib. Penyajian berita serta gaya bahasanya menarik dan memenuhi cover both side. “Menjadi wartawan masa dulu sangat susah, harus memenuhi beberapa syarat dan memahami kode etik,” ungkapnya seraya mengaku, dirinya dahulu sempat melamar pada sebuah perusahaan media nasional.

Bupati kembali menekankan agar SMSI Kepulauan Nias dapat menjadi wadah peningkatan kemampuan wartawan siber (online). “Semoga tujuan pengurus SMSI dalam peningkatan profesionalisme dapat terwujud,” harapnya.

Ya’atulo menyambut baik rencana pelantikan. Dia berharap jika memiliki waktu luang akan hadir, namun bila ternyata memiliki agenda pemerintahan, ia tetap mendukung penuh.

Tak hanya itu, ia mengungkapkan alasan dirinya jarang terpublikasi di media. “Percuma, jika belum ada hasil yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

“Ini yang sedang saya terapkan kepada PNS di Pemkab Nias. Bagaimana memacu kinerja untuk meraih prestasi, kalau tidak kita akan ketinggalan. Apalagi anggaran yang kita kelola itu sangat terbatas. Intinya, kita senang diberitakan terkait etos kerja dan hasil pekerjaan yang telah dirasakan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Riswan H Gultom memaparkan kepada Bupati Nias terkait persiapan panitia yang telah mencapai 70%. “Dan tim terus berkoordinasi dengan para kepala daerah serta unsur Forkopimda dan lainnya dalam meminta masukan,” papar Riswan kepada Bupati.

Di samping itu, Suarman Telaumbanua menyampaikan terima kasih atas apresiasi Bupati Nias. “Terima kasih kami sampaikan, semoga harapan harapan bapak dapat kami tunaikan. Kami juga tertarik bermitra dengan Pemkab Nias dalam upaya publikasi pembangunan yang mengedukasi masyarakat,” tuturnya. (Rizal/Aman)