Ini Imbauan Kasatpol-PP Nisel Terkait Peristiwa Kebakaran Rumah

Daerah, HEADLINE526 views

Nias Selatan, LiniPost – Terkait kebakaran beberapa rumah warga yang terjadi beberapa waktu lalu di Wilayah Kabupaten Nias Selatan, Plt. Kasatpol-PP, Linmas Nias Selatan, Dionisius Wau, SE, MM saat dikonfirmasi LiniPost.com di Kantornya Jalan Baloho Indah, Senin (4/7/2022), memaparkan kronologis kejadian dan iimbauannya.

Dionisius menjelaskan, kebakaran 4 rumah warga di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Pasar Teluk Dalam yang terjadi pada tanggal 30 Juni 2022 dan pada tanggal 1 Juli 2022 Minggu lalu di Desa Nanowa cukup memprihatinkan.

ads

“Setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran di Jalan Imam Bonjol, seketika itu juga kita langsung intervensi pemadam ke lapangan terhadap kobaran api yang cukup besar,” katanya.

Menurutnya, api berhasil dipadamkan selama 65 menit lebih dengan dibantu dari pihak Polres Nias Selatan serta warga dan pada pukul 20.30 WIB, pihaknya meninggalkan lokasi kejadian setelah memastikan benar bahwa tidak adanya titik-titik api lagi yang bisa menyebabkan kembali terjadinya kebakaran.

“Sumber apinya menurut informasi yang kita himpun dari beberapa warga berasal dari lantai II salah satu rumah warga penjual sate. Karena ke-4 rumah tersebut semi permanen maka api cukup besar dan aksi yang kita lakukan untuk melakukan pemadaman dari berbagai sudut untuk mengamankan penyebaran api,” paparnya.

Sementara, kebakaran yang terjadi di Desa Nanowa pada esok harinya, mantan Camat Teluk Dalam tersebut menuturkan, bahwa berdasarkan informasi di lapangan mengatakan sumber apinya berasal dari pembakaran sampah yang ada di lokasi.

Atas kejadian tersebut, Dionisius mengharapkan sekaligus mengimbau agar masyarakat selalu mengantisipasi areal-areal titik rawan yang mudah terbakar, terutama kepada para pelaku-pelaku usaha.

“Diharapkan agar setiap rumah itu menyiapkan racun api karena itu sudah bisa menjadi tindakan awal penyelamatan terhadap terjadinya kebakaran,” tukasnya.

Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan jajaran Polres Nias Selatan yang saling bahu membahu atas peristiwa itu dan jikalau ada melihat atau mengalami kejadian kebakaran agar segera menghubungi tim pemadam kebakaran ataupun menghubunginya langsung.

Seperti diketahui, kebakaran telah  terjadi di Jalan Imam Bonjol Arah Dermaga Baru, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, pada Kamis (30/6/2022) Sore, menyebabkan beberapa unit rumah papan hangus terbakar, dan kemudian kebakaran kembali terjadi di Desa Nanowa, Kecamatan Teluk Dalam, pada Jumat (1/7/2022) Siang, yang menyebabkan satu unit rumah hangus terbakar.

Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian materiil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (Red)