oleh

Ini Nama 10 Finalis Lomba Vokal Solo Solaria Organizer Nisel

Nias Selatan, LiniPost – Hari pertama lomba vokal solo Solaria Organizer Present Solaria Award “My Voice My Inspiration”, yang berlangsung di El Coffee Taman Baloho Indah (TBI), Jalan Baloho Desa Hiliana’a, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (27/11/2021) dari sore hingga malam hari, berlangsung meriah.

Pada hari pertama lomba yang digelar oleh salah satu EO (Event Organizer) yaitu Solaria Organizer bekerjasama dengan El Coffe Taman Baloho Indah (TBI) bimbingan Erwinus Laia, S.Sos.,MM.,MH ini, diumumkan 10 orang finalis untuk tampil pada hari berikutnya, yakni Minggu 28 November.

Sebanyak 18 orang peserta lomba yang tampil dari 22 orang jumlah yang mendaftar, mereka secara bergilir tampil membawakan satu lagu wajib dan satu lagi pilihan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana.

Dewan juri yaitu Naso Wau, Berlian Dakhi dan Erwin Duha telah memberikan penilaian masing-masing berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang matang dan profesional.

Sebelum membacakan nama-nama 10 orang finalis yang lolos, Naso Wau sebagai dewan juri mengatakan bahwa seluruh peserta yang tampil hari ini cukup memukau dan telah menunjukkan penampilan terbaiknya.

“Pada dasarnya seluruh peserta memiliki kwalitas yang sama, ada yang lebih tentunya, ada juga yang kurang terutama pada saat membawakan lagu wajib, dimana terdapat improvisasi lagu yang lost,” ungkap Naso.

Dewan juri berikutnya, Erwin Duha dalam penilaiannya mendapatkan beberapa peserta yang kurang memiliki kemampuan dalam tekhnik bernapas, modulasi atau format nada dasar yang kebanyakan menunggu.

“Kemudian dalam pengambilan nada dasar, artinya nada dasar sangat menentukan dalam bernyanyi. Kalau tidak sanggup mengambil nada tersebut jangan dipaksakan, jadi harus disesuaikan dengan interval suaranya,” jelas Erwin.

Sedangkan penilaian dari dewan juri lainnya yakni Berliana Dakhi, sangat mengapresiasi seluruh peserta lomba yang masing-masing punya kemampuan dalam seni tarik suara.

“Saya sangat terkagum-kagum dengar suara kalian semuanya, dimana ada yang sebagian terlahir sebagai penyanyi dan ada juga yang terlatih sebagai penyanyi tentunya itu semua bagus tinggal dimana meningkatkannya lagi menjadi lebih bagus lagi,” ujar Berliana.

Dia menambahkan, dalam pemilihan lagu harus sesuai karakternya, supaya lagu yang dibawakan enak didengar, ibarat seorang artis penyanyi yang tampil elegan ketika lagu yang dibawakannya sesuai dengan karakternya sendiri.

Kesepuluh orang finalis lomba vokal solo Solaria Organizer yang akan tampil kembali yakni:

1. Ansyepi Garamba

2. Mercy Zagoto

3. Brando Tenafona Wau

4. Ribcha Nigia Nawuazitarry Duha

5. Titus Triyanto Laia

6. Mustafa Gowasa

7. Kleopas Dakhi

8. Dedek Srikmulia Hati Ndruru

9. Kelsia Vendriska Fau

10. Nestorius Nazibek Buulolo

Sedangkan peserta yang tampil dan tidak lolos hari ini adalah:

1. Berlian Dakhi

2. Desember Laia

3. Raihfan Trielman Lature

4. Fridayanti Halawa

Advertisements

5. Stefanus Andika Duha

6. Eni Sartika Telumbanua

7. Angelica Somasi Zagoto

8. Sofirianus Laia

Sementara, peserta lain yang dinyatakan tidak lolos karena tidak hadir pada saat lomba, yaitu:

1. Folohiaro Buulolo

2. Yeli Krisdayanti Lature

3. Noberlin Zendrato

4. Sri Endang Putri Moho. (Aris Zalukhu)

News Feed