oleh

Jelang Libur Panjang, Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Arus Lalu Lintas

 

Jakarta, LiniPost – Menjelang libur panjang Polda Metro Jaya siapkan skenario arus lalu lintas sejak dini. Menurut kalender berjalan, pekan depan masyarakat akan memasuki libur panjang mulai dari 29 Oktober sampai 31 Oktober 2020 mendatang.

Seperti yang sudah sudah, libur panjang tersebut pasti akan dimanfaatkan oleh masyarakat pulang ke kampung halaman, melepas lelah sesudah melakukan rutinitas kerja, piknik atau sekedar menikmati indahnya alam meski hanya di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Menghadapi situasi tersebut, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan aparat kepolisian sudah menyiapkan beberapa skenario guna mencegah kemacetan dan penumpukan kendaraan di dalam tol. Apalagi, libur panjang tahun ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

“Ya kita akan melaksanakan libur panjang Minggu depan, puncak arus liburan kemungkinan Selasa malam sampai Rabu. kemudian arus baliknya hari Minggu sampai dengan Senin subuh itu arus balik liburan. Tentunya liburan ini diselenggarakan ketika masih pandemi Covid-19, kami dari kepolisian khususnya Polda Metro Jaya telah menyiapkan beberapa skenario. Ya kami menyiapkan ada 15 pos pengamanan baik di jalan tol maupun jalan arteri termasuk juga di tempat wisata,” papar Sambodo, Jumat (23/10/2020).

Sambodo juga mengatakan, Skenario yang akan dilakukan termasuk contrafloe maupun jalur satu arah yang akan dilalui kendaraan. Tak hanya itu, Sambodo juga akan berkoodinasi dengan Polda Jawa Barat dan Polda lainnya karena bisa dipastikan jalurnya bakal dilalui oleh kendaraan.

“Kemudian kami sudah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. tentu saja ini akan dikoordinasikan dengan pihak Korlantas Polri karena sangat terhubung dengan Polda Jawa Barat untuk pengamanan di jalan tolnya termausk juga skenario misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional nanti kita lihat perkembangan situais di lapangan,” pungkasnya. (Hartono)

News Feed