Kadis Kesehatan Nisel : Sejauh Ini Tak Ada Masyarakat Yang Terindikasi Covid-19

 

Nias Selatan – LiniPost– Sejak mewabahnya virus Corona atau Corona virus disease (Covid-19), pihak Dinas Kesehatan Nias Selatan terus melakukan upaya pencegahan dan deteksi secara dini tujuannya agar virus mematikan tersebut tidak merebak kepada masyarakat.
Kadis Kesehatan Nias Selatan, dr Henny Kurniawan Duha, kepada wartawan, melalui sambungan telepon seluler, Kamis, (19/3/2020) mengatakan, sampai saat ini belum ada warga yang terindikasi virus Corona.
“Sejauh ini kita belum temukan warga yang terindikasi virus Corona,” ujarnya.
Ia menyebutkan, sebagai langkah dalam pencegahan mewabahnya virus tersebut, pihaknya telah membuat disinfektan racikan sendiri yang terbuat dari alkohol, daun sirih dengan aduan H2o.
“Kalau anti antiseptik dan disinfektan kita lagi kosong, jadi untuk sementara kita buat racikan sendiri dari alkohol, daun sirih dengan aduan H2o, dimana daun sirihnya direbus selama 30 menit dan dipakai untuk cuci tangan,” tuturnya.
Lalu, sambung dia, bila ada warga yang terindikasi orang dalam pemantauan (ODP) maka dianjurkan untuk karantina mandiri di rumah untuk meningkatkan kesehatannya.
“Kalau kasus PDP (pasien dalam pengawasan) nanti kita akan rujuk di rumah sakit Gunungsitoli,” imbuhnya.
Ia berharap agar tidak ada warga Nias Selatan yang terindikasi virus Corona. (Red)