oleh

Kampung Pancasila di Kecamatan Idanogawo Diresmikan Bupati Nias 

Nias, LiniPost – Bupati Nias, Yaatulo Gulo meresmikan Kampung Pancasila di Kecamatan Idanogawo, bertempat di Kantor Desa Tetehosi, Kecamatan Idanogawo, Kamis (11/8/2022).

Sebelum mengikuti acara, Bupati Nias terlebih dahulu meninjau kegiatan Lomba Melukis Tingkat SD di Gedung Serba Guna Kecamatan Idanogawo yang bertemakan “Kampung Pancasila” sekaligus bertujuan untuk menyemarakkan HUT Kemri ke-77.

ads

Turut hadir saat itu, sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Dandim 0213 Nias, Kapolsek Idanogawo, Kaban Kesbangpol Kabupaten Nias, Camat Idanogawo, Kepala UPTD Puskesmas Idanogawo, Kepala Desa Idanogawo, Ketua BPD se-Kecamatan Idanogawo, Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Idanogawo, dan Pimpinan Ormas Kemasyarakatan/Kepemudaan se-Kecamatan Idanogawo.

Kegiatan ini diawali dengan laporan ketua tim yang disampaikan oleh Danramil 03 Idanogawo, Letda Inf Maulana Yahya. Ia mengatakan, maksud dan tujuan dari pembentukan kampung pancasila ini adalah untuk menjaga keutuhan ideologi Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan adanya kampung Pancasila ini diharapkan agar pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan, menjadikan masyarakat hidup dalam kerukunan dan juga menjadi lebih kreatif dan inovatif,” ujar Maulana.

Bupati Nias Yaatulo Gulo dalam sambutannya mengatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara, dan merupakan harga mati yang tidak tergantikan.

“Agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi, maka desa/kampung didorong untuk menjadi kampung Pancasila sebagaimana yang kita resmikan hari ini,” tutur Bupati.

Ia menyebut, perlu diketahui bersama bahwa pembentukan kampung pancasila ini bermanfaat sebagai media pembelajaran pancasila bagi segenap warga masyarakat, semakin menumbuhkan kerukunan hidup antar masyarakat yang majemuk, menanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan pancasila, menghargai jasa-jasa para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan pancasila sebagai dasar negara.

“Diharapkan dengan program yang dilaksanakan dalam kampung pancasila ini dapat membentuk kepribadian yang unggul, menghasilkan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual, menjadikan masyarakat yang toleran, menerapkan musyawarah dan mufakat dalam mengambil keputusan,” pungkasnya.

Menurutnya, kondisi masyarakat Kabupaten Nias yang sangat beragam dari sisi suku, agama dan budaya dapat menjadi alat pemersatu untuk bersama-sama berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Nias pada umumnya dan secara khusus di wilayah kecamatan Idanogawo sebagaimana visi pemerintah Kabupaten Nias, yakni “Kabupaten Nias Maju”.

Ia juga berharap agar tetap menerapkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam bingkai kebhinekaan sehingga dapat tercipta kehidupan yang aman, damai dan sejahtera.

“Maka dengan memohon berkat Tuhan Yang Maha Kuasa Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Idanogawo saya resmikan,” tutupnya. (KZ)