Kantor Guru SD Negeri Hoya Ambukha Terbakar

HEADLINE, Peristiwa18 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Kantor Guru SD Negeri No. 078533 Hoya Ambukha Desa Semambawa Kecamatan Somambawa Kabupaten Nias Selatan (Nisel), terbakar.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Sekolah SDN No. 078533 Hoya Ambukha, Kurniaman Amazihono kepada LiniPost.com di Desa Semambawa, Selasa (30/3/2021).

ads

“Ya benar, satu unit kantor guru telah terbakar dan pelakunya belum kita ketahui,” tuturnya.

Kejadian itu kata dia, diperkirakan hari Minggu sore (28/3/2021) dan baru pihaknya dengar peristiwa tersebut pada hari Senin, sekitar 14. 00 WIB.

Ia menyebut, informasi peristiwa tersebut juga diperoleh dari salah seorang guru yang mengajar di sekolah itu. “Dia (red-guru) menyampaikan melalui via telepon bahwa sekolah telah terbakar,” ungkapnya.

Kurniaman menambahkan bahwa kantor yang terbakar itu berisi buku paket guru dan siswa dengan jenis buku, yakni kurikulum K-13 yang dibelanjakan melalui dana Bos tahun 2018 dan 2019.

“Juga 6 lemari guru, 4 unit meja dan 10 buah kursi, plafon kantor, plafon teras kantor, ikut terbakar,” pungkasnya.

Akibat kejadian itu, total kerugian pihak sekolah, ditaksir sekitar Rp.150 juta.

Atas peristiwa itu, pihaknya telah melaporkan kepada Kepala Desa setempat, Camat Somambawa. “Dan siang ini, pihaknya akan melaporkan kejadian itu kepada Dinas Pendidikan Nisel, serta sore ini juga akan membuat laporan secara tertulis di Polsek Lahusa,” tuturnya.

Ia berharap, supaya pihak penegak hukum segera mencari dan menyelidiki siapa pelakunya.

Sementara, salah seorang guru SDN. No. 078533 Hoya Ambukha berinisial EP mengatakan bahwa informasi kejadian itu diperoleh dari siswa.

“Kemudian, sekitar pukul 14.00 WIB, saya hubungi Kasek untuk memberitahu kejadian itu. Kapan kejadiannya, saya tidak tahu karena informasi itu juga dari siswa,” tukasnya.

Ia berharap, agar pelakunya bisa terungkap dan kantor itu segera diperbaiki demi kenyamanan para guru.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Semambawa juga sebagai suami ketua Komite SD Negeri No. 078533 Hoya Ambukha, Ama Yurtama Ndruru menyampaikan bahwa kejadian terbakarnya kantor guru itu, baru didengarnya setelah Kasek memberitahukan kepada mereka.

Oleh itu, ia berharap, supaya pihak penegak hukum segera menyelidiki siapa pelakunya, karena itu adalah aset negara.  “Dan dinas terkait juga diharapkan semoga bisa memberi perhatian serius atas kantor yang terbakar itu, demi kenyamanan para guru,” pintanya. (Risgow)