Kantor Korwil Dinas Pendidikan Toma Nisel Diduga Tak Difungsikan dan Dibiarkan Terlantar

Daerah, HEADLINE295 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Kantor Korwil Dinas Pendidikan Toma, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) yang terletak di Desa Hilisataro Raya, Tepatnya di samping Gedung Puskesmas Toma yang lama, diduga tak difungsikan hingga kini dan dibiarkan terlantar.

Pantauan sejumlah awak media, Kamis, (28/3/2024), tampak kondisi ruangan kantor tersebut sangat memprihatinkan dan seperti rumah hantu.

Baca Juga: Sapta School Of Fashion Tampil dalam Indonesia Fashion Week 2024

Kondisi lantai sangat kotor, dan beberapa daun jendela sudah tidak ada. Tak hanya itu, daun pintu belakang juga tidak ada.

Memang pasca selesainya kantor tersebut sempat difungsikan, namun tak berapa lama kemudian, tidak dimanfaatkan lagi hingga berita ini tayang. Belum diketahui penyebab kantor itu tidak difungsikan.

Baca Juga: Sesmenparekraf: Poltekpar Bali Ciptakan Generasi Muda Profesional dan Berdaya Saing Internasional

Sementara, sumber sekaligus besaran anggaran kantor yang berada di Pinggir Jalan Nasional dari Desa Hilisataro Raya, Kabupaten Nias Selatan menuju Gunungsitoli itu juga belum diketahui, termasuk tahun berapa dibangun. Akibat kantor itu tidak difungsikan masyarakat menilai bahwa dibangunnya kantor itu hanya sebagai pemborosan keuangan negara.

Kadis Pendidikan Nias Selatan Nurhayati Telaumbanua saat dikonfirmasi terkait ini, lewat pesan WhatsApp, Jumat (29/3/2024) hanya menyampaikan terima kasih dan menyebut bahwa Korwil Toma yang nempati.

Baca Juga: Disbudparpora Nisel Gelar Sosialisasi WBtB Guna Pengenalan dan Pelestarian Warisan Budaya

“Terima kasih informasinya Pak dan itu Korwil Toma yang tempati. Tidak ada lagi Cabang per kecamatan, yang ada itu Korwil per kecamatan dan itu yang menempatinya. Terima kasih,” jawabnya singkat.

Ditanya kembali mengapa tidak difungsikan dan mengapa dibiarkan begitu kantor itu hingga kondisinya sangat memprihatinkan, serta apakah itu bukan merupakan indikasi pemborosan keuangan negara?, hingga pukul 19.00 WIB, belum direspon oleh Kadis Pendidikan Nisel.