oleh

Kapoldasu Minta Bupati dan Perintahkan Kapolres Datangi Desa untuk Percepat Vaksinasi

Nias Selatan,LiniPost – Hingga saat ini sejumlah wilayah di kepulauan Nias terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 rata rata masih rendah, termasuk Kabupaten Nias Selatan.

Hal itu dikatakan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol RZ Panca Simanjuntak saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Nias Selatan, bertempat di Lapangan Orurusa Teluk Dalam, Sabtu, (25/9/2021).

ads

“Nias ini terutama Nias Selatan memang daerah wilayah Sumatra Utara yang rendah. Makanya hari ini saya datang untuk mendorong dan mendukung pemerintah daerah Kabupaten Nias Selatan supaya dilaksanakan percepatan vaksinasi,” ujar Kapoldasu.

Capaian vaksinasi massal yang dilakukan di Kabupaten Nias Selatan yang diselenggarakan di lapangan Orurusa Teluk Dalam adalah 2000 dosis.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi agar dilakukan tambahan vaksin. Hal itu kata dia, telah direspon Pemprovsu dengan mengirimkan 30 ribu dosis vaksin tambahan.

“Harapan saya dari 7 persen Kabupaten Nias Selatan Pak Bupati dan teman-teman Forkopimda dalam 2 Minggu ini dapat mencapai 24 persen dari target yang ada,” pinta Panca.

“Harapan saya bersama Pemerintah Provinsi menjelang akhir tahun 2021 ini  sudah mencapai 70 persen, kalau bisa 100 persen sebagaimana harapan Bapak Presiden,” tukas dia menambahkan.

Rendahnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Nias Selatan yang baru mencapai tujuh persen di antara Kabupaten Kota lainnya yang ada di Kepulauan Nias menurut dinas Kesehatan Nias Selatan, dikarenakan tingkat kesadaran warga yang masih enggan divaksin.

Melihat rendahnya tingkat pelaksanaan vaksinasi tersebut, Kapolda Irjen Pol RZ Panca Simanjuntak, meminta Bupati Hilarius Duha dan memerintahkan Kapolres Nias Selatan untuk datang ke Desa guna percepatan pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Dor to dor mendekatkan pelaksanaan vaksin ke masyarakat, di desa-desa itu strategi yang diterapkan nanti Pak Bupati dan teman-teman Forkopimda Kabupaten Nias Selatan. Selain kita mendorong vaksin yang semakin banyak dan Bapak Presiden sudah menyampaikan bahwa tidak boleh disetop vaksin itu,” pungkasnya.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, di hadapan Kapolda menyampaikan bahwa, untuk percepatan pelaksanaan vaksin Covid-19 di wilayahnya, akan menggerakan tim baik dari tingkat desa dan kecamatan hingga Puskesmas untuk menjemput bola mendatangi kelompok kelompok masyarakat di pedalaman Nias Selatan.

“Sesuai arahan (Kapolda) kita akan jemput dari pintu ke pintu, dan semua Nakes kita, kita akan gerakkan, semua bekerja sama dengan Forkopimda untuk melaksanakan itu,” sebut Hilarius.

Pihaknya menargetkan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya sebanyak 258.000 dosis, namun yang terealisasi vaksin dosis pertama sampai saat ini sebanyak 25.000 dan vaksin kedua terealisasi sekitar 12.000 dosis.

Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Nias Selatan, selain didukung tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Nias Selatan, Polda Sumatera Utara juga menerjunkan sejumlah vaksinatornya guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Nias Selatan.

Di samping itu, Kapoldasu juga membagikan beberapa paket bantuan sosial (Bansos) kepada  sejumlah warga yang kurang mampu di wilayah tersebut.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal, jenderal polisi bintang dua itu beserta rombongan menunju Desa Adat Bawomataluo. (Red)