Kapoldasu Resmikan Desa Kandibata Sebagai Desa Tangguh 

Daerah639 Dilihat

Tanah Karo, LiniPost – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Martuani Sormin, M.Si meresmikan Desa Kandibata Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo sebagai Desa tangguh pada Kamis, (18/6/2020). Peresmian ditandai dengan dengan pemotongan pita di portal pintu masuk desa tersebut.

Sebelum meresmikan Desa Kandibata sebagai Desa tangguh, Kapoldasu menyempatkan memberi bantuan kepada salah satu keluarga warga Desa Kandibata berupa Sembako.

ads

 

Selanjutnya, Martuani melakukan pengecekan ke Posko Relawan Covid-19 untuk memantau perkembangan penyebaran Covid-19 di Desa tersebut.

“Desa Kandibata ini merupakan desa pertama yang menerapkan protokol kesehatan untuk penanganan Covid-19. Dan yang lebih hebat di desa ini sudah ada peraturan yang ditandatangani oleh seluruh elemen di desa ini,” ujar Martuani, di sela-sela peresmian.

Menurut Jenderal bintang dua itu, Desa Kandibata dijadikan sebagai desa tangguh karena memiliki beberapa langkah konkret dalam penanganan Covid-19 ini. Beberapa langkah itu, seperti pengadaan cuci tangan di seluruh rumah warga, pemeriksaan secara ketat masyarakat yang masuk, dan perangkat desa juga memiliki rumah isolasi bagi warga atau pendatang yang baru tiba dari daerah terjangkit.

“Dengan adanya langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak desa, tentunya sangat membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Semoga dengan adanya projek percontohan ini, dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Sumatera Utara,” pungkasnya.

Selain penanganan yang bersifat teknis, Martuani juga mengapresiasi desa yang juga telah memiliki lumbung pangan sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Diketahui, Desa Kandibata dijadikan sebagai desa tangguh karena merupakan desa yang baik dalam penanganan pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19), dan hingga kini Desa Kandibata juga merupakan desa pertama yang menerapkan Protokol Kesehatan. (Teguh Andika)