Kapolres Nias Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023

HEADLINE, Nasional798 Dilihat

Gunungsitoli, LiniPost – Kapolres Nias AKBP Luthfi, SIK memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba Tahun 2023 dengan Perwira Apel Kasat Lantas AKP M.P. Pardede, dan Komandan Apel Kanit Gakkum Sat Lantas Ipda B. Sianturi, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Nias, Jalan Bhayangkara, No. 01, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Rabu pagi (08/03/2023).

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyematan Pita Operasi Keselamatan Toba 2022 kepada perwakilan dari Sub Denpom 1/2–5 Nias, Kodim 0213 Nias, Sat Lantas, Sat Sabhara dan Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli.

ads

Tujuan apel yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polda Sumatera Utara adalah sebagai bentuk kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi “Keselamatan Toba 2023”, sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga masyarakat Sumatera Utara dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas, sehingga angka pelanggaran maupun  kecelakaan lalu lintas dapat menurun serta  mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah Propinsi Sumatera Utara.

Adapun sasaran operasi, yakni para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi, yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri 1444 hijriah.

Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, mulai dari tanggal 08 Maret sampai dengan tanggal 21 Maret 2023 dengan target operasi yakni, masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) dengan melibatkan 1.978 personel Polda Sumut yang terdiri atas satgas Polda Sumut 150 personel satgas kewilayahan 1.828 personel.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Nias, menyampaikan beberapa penekanan pada pelaksanaan operasi, sebagai berikut :

1. Lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan serta pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan.

2. Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas dalam bentuk kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.

3. Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

4. Lakukan penegakan hukum lalu lintas dan teguran secara humanis dengan menggunakan etle mobile pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran, sebagai berikut pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang  menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 (satu) orang, pengemudi atau pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt), pengemudi atau pengendara sepeda motor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus Lalulintas dan pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

Pada akhir amanat, Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada seluruh personel Polda Sumut dan jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2023, “Semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, dapat menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan yang Maha Esa,” kata Panca.

Turut hadir saat itu, mewakili Dandim 0213/Nias Plt. Pasi Ops Kodim Letda Inf. M. Ali Sardani Rambe, mewakili Bupati Nias Utara oleh Kasatpol PP Nias Utara Joni Harefa, Kasubden POM Nias Kapten CPM Desmon Simamora, mewakili Danlanal Nias oleh Danposal Lahewa Letda Laut (T) Jonni Wanto Harefa, Penanggungjawab Jasaraharja Kota Gunungsitoli Soniman Mendrofa, Kasatpol PP Gunungsitoli Mario Zebua, Kadishub Kota Gunungsitoli Meiman K. Harefa, para Kabag Polres Nias, Kastfung Polres Nias, Kapolsek jajaran Polres Nias, personil Polres Nias, Personil  Kodim 0213 /Nias dan Personil Dishub Kota Gunungsitoli. (KZ)