Kapuskesmas Targetkan 7000 Warga Somambawa Divaksin hingga Desember

Nias Selatan, LiniPost – Kepala UPTD Puskesmas Somambawa Kabupaten Nias Selatan (Nisel), targetkan 7.000 warga Somambawa divaksin Covid-19, baik dosis 1 maupun dosis 2 hingga Desember 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Somambawa, Serius Dalvin Amazihono, SKM kepada LiniPost.com saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp, Kamis (30/9/2021).

ads

“Kita targetkan 7.000 orang warga Somambawa harus divaksin, baik dosis 1 maupun dosis 2 hingga Desember 2021 mendatang,” tutur Amazihono.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi dosis pertama (I) di UPTD Puskesmas Somambawa telah dimulai sejak bulan Februari 2021 lalu, dengan sasaran tenaga kesehatan (Nakes) sebanyak 50 orang dan dosis kedua (2) pada bulan Maret 2021.

Sementara, pelaksanaan vaksinasi dosis pertama untuk umum, dimulai bulan Juni 2021 lalu hingga sekarang dengan jumlah yang sudah divaksin 1.603 orang. “Dosis kedua belum bisa dipastikan berapa jumlahnya karena sedang berlangsung,” pungkas Kapus.

Ia mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat Somambawa agar mengikuti program vaksinasi Covid-19 demi kesehatan dan keselamatan bersama. “Jangan takut untuk divaksin,” imbuhnya.

Ia juga berharap supaya masyarakat yang telah divaksin dosis pertama bisa menyelesaikan vaksinnya secara lengkap, apalagi program vaksinasi ini gratis.

Untuk mencapai terget itu, pihaknya tetap melakukan edukasi kepada masyarakat secara maksimal melalui pertemuan lintas sektoral, di gereja, pertemuan di desa maupun di tingkat kecamatan, termasuk melalui kegiatan Puskesmas Somambawa.

Dalvin Amazihono mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan Prokes 5 M dan menghindari kerumunan.

Untuk pelaksanaan vaksinasi door to door, pihaknya tetap melakukan koordinasi serta menunggu petunjuk dari pimpinannya (Dinkes). “Sebab, pelaksanaan vaksin ini tidak bisa dilaksanakan secara sepihak oleh PKM,” tutupnya. (Risgow)