oleh

Kesalahpahaman antara Anggota Lanal Nias dengan Polres Nisel Berhasil Dimediasi 

Nias Selatan, LiniPost –Kesalahpahaman antara anggota Lanal Nias dengan personil Polres Nias Selatan (Nisel) telah berhasil dimediasi oleh Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian M TR Hanla, Kapolres AKBP Arke Furman Ambat SIK dan Dandim 0213/Nias, Letkol Inf. TP Lobuan Simbolon, Jumat malam (17/7/2020).

Awalnya, kedua belah pihak personil tersebut sempat terjadi kesalahpahaman. Namun beberapa jam kemudian mereka langsung berdamai dan saling berpelukan setelah di mediasi oleh pimpinan masing-masing.

ads

Sebagai wujud keharmonisan hubungan persaudaraan, anggota TNI dan Polri menggelar apel gabungan dan olah raga bersama di halaman Mapolres Nisel, dipimpin langsung oleh Danlanal Nias, Kapolres Nisel dan Dandim 0213/Nias.

Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian M TR Hanla bersama Kapolres AKBP Arke Furman Ambat SIK dan Dandim 0213/Nias Letkol TP Lobuan Simbolon kepada sejumlah wartawan, Sabtu (18/7/2020) menjelaskan bahwa hubungan sinergitas TNI dan Polri tetap utuh dan tidak dapat terpecah-belah.

“Terkait kejadian kemarin, intinya di sini Lanal Nias tidak melakukan penyerangan tetapi hanya sekedar salah paham. Hal itu dapat dimediasi oleh para pimpinan baik Kapolres Nisel, Danlanal Nias dan Dandim 0213 Nias,” ujarnya.

Kata dia, hubungan sinergitas TNI dan Polri tetap terjaga kuat. Intinya kita tetap bersatu dan tidak bisa terpecahkan. “Karena, bagi TNI dan Polri, NKRI adalah harga mati,” tegas Danlanal.

Menurutnya, kejadian tersebut hanya masalah salah paham di lapangan sehingga memicu omongan yang tidak disenangi antara satu sama lain. Dia mengimbau kepada seluruh personil agar menjali komunikasi yang baik supaya hubungan kerjasama antara TNI dan Polri terjaga dengan baik dan tetap harmonis.

Kapolres Nisel AKBP Arke Furman Ambat SIK mengatakan, dapat diketahui bersama bahwa sinergitas yang terjalin selama ini antara TNI dan Polri sangat erat. Sehingga kesalahpahaman kemarin tidak perlu dibesar-besarkan lagi.

“Hal itu dijadikan sebagai introspeksi bagi kita untuk menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Nisel yang aman dan tertib ke depan,” ujarnya.

Kapolres Nisel juga mengucapkan terimakasih kepada Danlanal dan Dandim 0213/Nias atas kerjasamanya. Karena selama ini hubungan sinergitas antara TNI dan Polri tetap terjalin dengan baik.

Dia menyebutkan, untuk perdamaian antara kedua belah pihak personil sudah dilaksanakan tadi malam, dimediasi oleh Dandim 0213/Nias. “Mereka sudah kita pertemukan dan sudah berdamai antara personil yang terlibat kesalahpahaman itu,” katanya. (Red)