Ketua Pokja Sebut Hasil Nilai Ujian CAT Panwaslucam Langsung Dilihat Peserta

HEADLINE, Politik102 views

Nias Selatan, LiniPost – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias Selatan menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) secara online pada perekrutan Panwaslucam, bertempat di Gedung SMP Negeri 1 Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (15-16/10/22).

Harapan Bawaulu SE., MM sekaligus sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) pelaksanaan CAT saat diwawancarai pada Minggu (16/10/2022) menyampaikan, pada prinsipnya CAT tersebut diselenggarakan melalui 2 (dua) mekanisme yaitu online dan offline.

ads

Namun, Bawaslu Kabupaten Nias Selatan lebih memilih mekanisme secara online.

“Bawaslu Kabupaten Nias Selatan lebih memilih mekanisme secara online. Kita berharap sistem CAT ini tidak ada asumsi orang dan jauh lebih fair karena ketika dia akan selesai menjawab soal-soalnya, dia langsung enter dan dia langsung mengetahui berapa nilai atau persen nilai ujian yang dia dapat,” ujarnya, Minggu (16/10/2022).

Ia menuturkan, yang mengikuti ujian tersebut sekitar 867 peserta. “Untuk sementara kita masih belum bisa memastikan berapa nilai yang mereka peroleh masing-masing. Hal ini akan kita menunggu petunjuk dari pimpinan kami di atas yang memang nilai itu akan diberikan ketika di sini akan diserahkan ke kita dan itulah yang mau kita sampaikan kepada teman-teman peserta calon CAT,” katanya.

“Kemudian, panitia yang terlibat pada pelaksanaan ujian ini memang Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, lalu memang ada di Juknis itu wajib kita bentuk kelompok kerja (Pokja) dan mekanismenya memang seperti itu. Memang secara defakto Bawaslu tapi yang melaksanakan nya kelompok kerja. Unsur-unsur yang terlibat dalam pelaksanaan ujian ini terdiri dari eksternal dan internal. Dari eskternal diwakili oleh Dr. Martiman Sarumaha S.Pd., M.Pd dan dari internal diwakili oleh Bawaslu dan Kasubag,” pungkas dia.

Dari hasil nilai peserta ini, pihaknya berharap sangat cepat biar juga masyarakat mengetahuinya siapa kira-kira yang lolos, berapa nilainya dan sebagainya. “Setelah selesai tahap CAT ini kita akan ke tahap tes wawancara kemudian hasil dari tes wawancara itu akan diumumkan siapa yang lolos 3 orang per kecamatan,” tuturnya.

Dia juga berharap agar para media tetap mengawal terus proses-proses kegiatan ini. (Aman/Sodi/Jal)