Klaim Tanahnya, Dua Warga Desa Eho Baluta Tutup Bahu Jalan

Daerah, HEADLINE18 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Diduga klaim tanahnya, dua warga Desa Eho Baluta, Kecamatan Tanah Masa, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), tutup bahu jalan pakai semen dengan ketinggian cor sekitar 40-50 cm.

Hal ini disampaikan Camat Tanah Masa, Fajar Zebua, kepada LiniPost.com saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) belum lama ini.

ads

“Ya, benar dua warga Eho Baluta Kecamatan Tanah Masa berinisial KH dan SHtelah melakukan pemalangan bahu jalan sejak 14 Januari 2022 yang lalu”, tuturnya.

Ia menjelaskan, alasan kedua oknum tersebut mengklaim bahwa tanah itu milik mereka.

Ia menyebut, jalan yang ditutup itu merupakan satu-satunya akses jalan menuju kecamatan, apalagi jalan tersebut jalan menuju pelabuhan yang dibangun 3 tahun lalu.

Oknum yang melakukan penutupan jalan itu, kata dia, masih saudara Kepala Desa Eho Baluta, dan sampai sekarang belum ada tindakan penyelesaian dari pihak Pemdes Eho Baluta.

Ia menerangkan, alasan kedua oknum itu melakukan penutupan jalan itu diduga cemburu kepada salah satu warga Tanah Masa yang mengangkut material pembangunan gedung SD di Baluta.

“Kedua oknum itu masih satu keluarga, yaitu ayah dan anaknya sendiri,” ujar Camat.

Akibat perilaku kedua oknum tersebut, minyak PLN dan bahan material pembangunan gedung SD di Baluta terhambat. Bahkan kata dia, sudah ada material semen yang beku milik pemborong SD Baluta di areal pelabuhan.

Ia berharap, supaya kedua oknum tersebut dan kepala desa Baluta bisa menyelesaikan masalah itu secara kekeluargaan, karena itu adalah kepentingan umum.

Kepala Desa Eho Baluta saat dihubungi terkait itu melalui pesan WhatsApp, Senin (22/2/2022), hingga berita ini ditayangkan belum ada tanggapan.

Kapolsek Pulau-Pulau Batu (Tello) saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut, sampai berita ini ditayangkan belum ada tanggapan. (Risgow)