Koramil Telukdalam Gelar Giat Wawasan Kebangsaan kepada Siswa

Nias Selatan, LiniPost – Koramil 12/Telukdalam, Kodim 0213/Nias menggelar kegiatan wawasan kebangsaan kepada siswa SMK Nusantara Terpadu, bertempat di Jalan Baru Marine, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Senin (24/10/2022).

Plh Danramil 12/Telukdalam Peltu Suhendra Hutabarat, SE kepada LiniPost.com, mengatakan bahwa kegiatan wawasan kebangsaan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme kepada generasi muda.

ads

“Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan pesatnya laju modernisasi saat ini memberikan kemudahan bagi kehidupan kita, namun ada pengaruh positif dan negatif juga terdapat di dalamnya seperti maraknya penyalahgunaan narkoba, pergaulan seks bebas, perkelahian antar pelajar dan berbagai persoalan lainnya. Maka cara menangkal turunnya moral anak bangsa di era globalisasi diperlukan pemahaman tentang wawasan kebangsaan terhadap generasi muda seperti kepada para siswa SMK Nusantara Terpadu ini,” paparnya.

Karena menurutnya, setiap generasi muda merupakan masyarakat baru, para pejuang baru yang harus memperoleh pengetahuan dan mempelajari keahlian serta mengembangkan karakter atau watak publik maupun privat yang sejalan dengan demokrasi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Maka sikap mental ini, katanya, harus dipelihara dan dipupuk melalui sikap kedisiplinan dan keteladanan.

Danramil juga menjelaskan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah dan cita-cita serta tujuan nasional, namun sampai saat ini pemahaman wawasan kebangsaan dalam diri generasi muda dirasa masih minim.

Untuk itu, pemberian pemahaman wawasan kebangsaan pada generasi muda sangat dibutuhkan agar semakin kuat dan kokoh nya pemahaman mereka tentang wawasan kebangsaan dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta memupuk mental dan keberanian para generasi muda agar memiliki sikap mental dan fisik yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif.

Terkait kegiatan ini para siswa SMK Nusantara Terpadu sangat antusias dan mengerti betapa pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika. (Red)