oleh

KPUD Batalkan Berita Acara Penetapan Paslon FODELA yang Dinyatakan TMS

-Politik-6.422 views

Nias Utara, LiniPost – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara (Nisut) serahkan surat pembatalan Berita Acara yang menyatakan pasangan FODELA Tidak Memenuhi Syarat (TMS) serta memverifikasi ulang dokumen persyaratan calon Bupati atas nama Fonaha Zega, bertempat di Kantor KPU Nisut, Kamis (15/10/2020).

Kegiatan tersebut sebagai tindaklanjuti amar putusan majelis sidang Bawaslu Nisut, Nomor Register: 001/PS.REG/12.1224/X/2020, tertanggal 11 Oktober 2020, terkait penyelesaian Sengketa Pilkada Nisut antara Pasangan FODELA (pemohon) dengan KPU Nisut (termohon).

Ketua KPU Nisut, Evorianus Harefa, mengatakan, pihaknya sebagai termohon wajib menindaklanjuti amar putusan tersebut, sebab itu sudah merupakan sebuah peraturan yang wajib dilaksanakan.

“Kegiatan yang dilakukan pada hari ini merupakan tindaklanjut dari amar putusan majelis sidang Bawaslu  tertanggal 11 Oktober 2020, perihal penyelesaian sengketa Pilkada Nisut 2020. Terkhusus pada hari ini, pelaksanaan verifikasi ulang dokumen calon,” ungkapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Nisut, Memori Zondrato, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya hadir disitu untuk memastikan para pihak pemohon dan termohon melaksankan atau menindaklanjuti amar putusan majelis sidang, sesuai aturan perundang-undangan yang ada.

“Kami Berharap pada pelaksanaan tindaklanjut amar putusan ini, kedua belah pihak dapat mencapai satu kesepakatan yang baik dengan harapan apa yang sudah tertuang dalam amar putusan dimaksud dapat saling memahami, mengerti dan dapat dilaksanakan,” pintanya.

Pasangan FODELA dalam sambutannya yang disampaikan oleh Bacalon Wakil Bupati, Emanuel Zebua, berterimakasih atas terlaksananya kegiatan tersebut sebagai bagian tindaklanjut dari putusan majelis sidang Bawaslu.

“Kami harap termohon (KPU Nisut) membatalkan berita acara tentang penetapan Calon Bupati tertanggal 23 September 2020, terkhusus untuk Bacalon Bupati Pasangan FODELA dan berita acara turunannya, sesuai amar putusan poin (2). Setelah itu baru kita masuk verifikasi dokumen,” tegasnya.

Pantauan LiniPost.com, sebelum masuk pada verifikasi ulang dokumen calon Bupati dari pasangan FODELA, KPU Nisut menyerahkan surat Pembatalan Berita Acara KPU Nomor: 178/PL.02.3=BA/1224/Kab/IX/2020 tertanggal 23 September 2020 tentang penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, khusus untuk bakal pasangan calon Drs. Fonaha Zega, M.AP dan Berita Acara turunannya, kepada Pasangan FODELA dan kepada Bawaslu Nisut.

Komisioner KPU Nisut, Inotonia Zega, mengatakan, dengan telah diserahkan surat Pembatalan Berita Acara tentang penetapan Calon Bupati Nisut tahun 2020, terkhusus untuk Pasangan FODELA, maka Pasangan FODELA dapat disebut sebagai Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nisut tahun 2020.

“Proses selanjutnya, tentu secara bersama-sama kita melaksanakan Verifikasi/klarifikasi dokumen calon, sehingga hasilnya kita dapat simpulkan paling lama hari Rabu (21/10/2020) sesuai amar putusan Bawaslu Nisut,” ujar Divisi Hukum KPU Nisut itu. (Man Lahagu)

News Feed