KPUD Nisel Sosialisasikan Aplikasi SIAKBA

Daerah, HEADLINE113 views

Nias Selatan, LiniPost – Komisi Pemilihan Umum, Kabupaten Nias Selatan (KPUD Nisel) menggelar sosialisasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA), dalam rekrutmen Badan Ad Hoc pada Pemilu Serentak Tahun 2024, bertempat di Aula Hotel SEM, Jalan Imam Bonjol, Teluk Dalam, Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua KPUD Nisel Repa Duha didampingi Komisioner KPUD Divisi SDM Yulianus Gulo dan Sekretaris KPUD Nisel Hubertus Manao.

ads

Ketua KPU Nisel dalam sambutannya menyampaikan, Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad-Hoc ini adalah untuk perekrutan anggota KPU maupun yang berbadan Ad-Hoc baik PPK, PPS dan KPPS dan akan diadakan secara online serta akan diusulkan perekrutannya pertengahan bulan November 2022.

“SIAKBA ini adalah aplikasi yang dibuat oleh KPU RI untuk mempermudah masyarakat dalam proses rekrutmen PPK, PPS, KPPS, tentu akan sangat efektif dan efesien yang dimana masyarakat tidak harus datang ke kantor KPU untuk melamar sebagai Badan Ad-Hoc, hal ini akan mempermudah masyarakat dari segi transportasi,” tuturnya.

“Kita menunggu keputusan dari KPU RI untuk tanggal perekrutan PPK, PPS dan KPPS, namun dalam kurun waktu yang tidak lama lagi pasti diadakan perekrutan,” sambung dia.

Sementara, Komisioner KPU Nisel Divisi SDM, Yulianus Gulo memaparkan bahwa, mekasime pendaftaran melaui SIAKBA yakni dengan mengakses halaman websitehttps://siakba.kpu.go.id.

Kemudian mengisi formulir pendaftaran, mulai dari biodata pelamar sampai berkas-yang perlu disediakan seperti KTP, daftar riwayat hidup, ijazah terakhir, surat kesehatan dan berkas-berkas lainnya yang mendukung administrasi dalam perekrutan badan ad-hoc.

“Baiknya para pelamar harus mempersiapkan semua sebelum perekrutan dimulai guna mengantisipasi kendala-kendala yang tidak terduga,” pungkasnya.

Sistem informasi anggota KPU dan badan ad-hoc, sambung Yulianus, saat ini dapat diakses di internet. “Hanya saja saat ini masih tahap simulasi, artinya hanya sebagi uji coba, sebab belum ada  PKPU untuk rekrutmen Anggota KPU dan Badan Ad-hoc,” katanya.

Turut hadir saat itu, mewakili Kapolres Nisel, mewakili Danlanal Nias, pihak Kesbagpol, sejumlah organisasi kemahasiswaan, dan undangan lainnya. (Rizal)