KPUD Tetapkan HD-Firman Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nisel Terpilih

HEADLINE, Politik59 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan (KPUD Nisel) pada Sabtu, (20/3/2021), menggelar rapat pleno terbuka penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nisel tahun 2020.

Rapat pleno digelar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, menggugurkan perkara sengketa Pilkada Kabupaten Nisel 2020, yang diajukan oleh Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 02 Idealisman Dachi – Sozanolo Ndruru.

ads

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih tersebut digelar di Gedung Balai Persekutuan BKPN Jalan Baru, Sabtu (20/03/2021) dan dihadiri oleh Kajari Nisel,  Kapolres Nisel, mewakili Dandim 0213 Nias, mewakili Danlanal Nias, unsur Forkopimda, Ketua KPU dan jajarannya, Bawaslu Kabupaten Nisel beserta Pasangan Calon nomor urut 01 Dr. Hilarius Duha SH, MH – Firman Giawa SH, MH  dan sejumlah pimpinan partai politik pengusung.

Ketua KPU Kabupaten Nisel, Repa Duha mengatakan, rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nisel terpilih dilakukan pasca putusan MK, Kamis (18/03/2021) pada Pilkada serentak 2020.

Penetapan Pasangan Calon nomor urut 01, Dr. Hilarius Duha SH, MH – Firman Giawa SH, MH, sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih tahun 2020, sesuai dengan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nisel No. 4/PL.02.7-Kpt/1214/KPU-Kab/III/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan tahun 2020.

“KPU tetapkan Pasangan Dr. Hilarius Duha SH, MH – Firman Giawa SH, MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Nisel, pasca putusan MK yang lalu MK,” ungkapnya.

Setelah pembacaan penetapan, dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara dan Keputusan KPU Kabupaten Nisel oleh Repa Duha kepada Ketua DPRD Nisel, Perwakilan Partai Pengusung Pasangan Terpilih, Bawaslu Nisel, dan kepada Pasangan Terpilih Pilkada Nisel Dr. Hilarius Duha SH, MH dan Firman Giawa SH, MH.

Ketua Bawaslu Nisel, Harapan Bawaulu dalam kata sambutannya menyampaikan, pelaksanaan rapat pleno terbuka ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Iini semua terlaksana, berkat dukungan dan kerjasama semua pihak. Pelaksanaan pengawasan Pilkada, kami menyampaikan terimakasih kepada KPU atas dedikasinya dan kepada masyarakat secara bersama-sama mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pilkada’, ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa, mengucapkan selamat kepada paslon terpilih Hilarius Duha dan Firman Giawa.

“Apresiasi kepada KPU yang telah memenuhi prinsip-prinsip demokrasi dalam pelaksanaan Pilkada, kepada Bawaslu, kepada Kapolres Nisel dan seluruh elemen-elemen lainnya dalam menjaga dan menyukseskan Pilkada Nisel untuk daerah yang kita cintai ini,” katanya.

Ia berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Nisel terpilih agar segera melakukan konsolidasi dan melaksanakan tugas-tugas demokrasi.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nisel, Sekda Nisel Ikhtiar Duha, mengapresiasi dan menghormati setiap tahapan Pemilihan Serentak tahun 2020 yang telah dilakukan oleh KPU dan berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita bersama mengetahui bahwa tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggal 9 Desember 2020 telah berlalu, semua itu telah kita lalui bersama dengan kearifan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat, KPU dan Bawaslu telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” ucap Sekda.

Ia juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada elemen penyelenggara Pilkada yaitu KPU, Bawaslu, TNI/POLRI dan semua elemen masyarakat.

Bupati Terpilih atau petahana Hilarius Duha dan Firman Giawa dalam sambutannya, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri, Partai Pengusung, Tim Pemenangan, masyarakat Kabupaten Nisel dan semua penyelenggara Pilkada yang telah berhasil melaksanakan Pilkada serentak di Kabupaten Nisel secara aman, damai dan kondusif.

Lebih lanjut beliau juga mengatakan bahwa kemenangan pasangan HD-Firman merupakan kemenangan masyarakat Kabupaten Nisel.

“Harapan kami ke depan, kita pertahankan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang berlangsung damai dan kalau perlu kita tingkatkan apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 untuk lebih meningkatkan Nisel ke depan lebih baik,” pungkasnya.

Menurut dia, Pilkada serentak telah selesai, oleh sebab itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat Nisel agar bergandeng tangan membangun dan memajukan Kabupaten Nisel tercinta muaranya demi kesejahteraan masyarakat. (Aris Zalukhu)