oleh

Lanal Nias bersama Polres dan Pemkab Nisel Berangkatkan 35 ABK yang Selamat

Nias Selatan, LiniPost – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias bersama Polres Nias Selatan dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, telah memberangkatkan 35 orang ABK KM. Setia Abadi-2 yang terbakar di Samudera Indonesia pada hari Rabu tanggal 8 September 2021.

Pemberangkatan mereka dilakukan di Pelabuhan Baru Teluk Dalam menuju Sibolga pada Sabtu, (11/9/2021) sekitar pukul 23.00 WIB, dengan menggunakan Kapal Ferry KM. Wira Ono Niha.

Rencananya, setelah sampai ke Sibolga akan dijemput oleh Sdr. Mikhail dari keagenan PT. Maju Setia Abadi. Selanjutnya, akan diberangkatkan dari Sibolga menuju Jakarta.

Turut Hadir dalam pemberangkatan, diantaranya Bupati Nias Selatan diwakili Staf Ahli Setao Amazihono, Komandan Lanal Nias diwakili Palaksa Mayor Marinir Ahmad Fauzi, M. Tr. Opsla, Kapolres Nias Selatan diwakili Waka Polres Kompol Jauhari Lumban Toruan, Perwira Staf Lanal Nias, Perwira Staf Polres Nias Selatan, anggota Lanal Nias dan anggota Polres Nias Selatan.

Sebelum diberangkatkan, pada pukul 20.50 WIB, Pasops Lanal Nias melakukan pengecekan kepada ABK KM. Setia Abadi 2 di Rusunawa Lanal Nias, lalu pukul 21.15 WIB, mereka berangkat dari Rusunawa Lanal Nias menuju Pelabuhan Baru Teluk Dalam.

Kemudian, pada pukul 21.30 WIB, mereka tiba di Pelabuhan Baru Teluk Dalam. Usai tiba di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Palaksa Lanal Nias dan Waka Polres Nias Selatan menyampaikan sambutan.

Setelah itu, penyampaian ucapan terima kasih kepada Pangkalan TNI AL Nias, Polres Nias Selatan dan Pemda Nias Selatan oleh Nahkoda KM. Setia Abadi 2. Dan pada pukul 21.45 WIB, ABK yang selamat memasuki KM. Wira Ono Niha.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Diketahui sebelumnya, Kepala Basarnas Nias melalui Kasi Ops. Benteng T mengatakan, pada Rabu (8/9/2021), sekitar pukul 10.00 WIB, di Samudera Hindia sekitar 382 NM dari Pulau Nias, telah terjadi kecelakaan kapal nelayan, yakni terbakar dan 35 orang ABK dievakuasi oleh kapal asing berbendera Norwegia, dalam keadaan selamat.

Advertisements

Kecelakaan kapal tersebut terjadi di lokasi duga 00°38’00” S – 091°40’00 E Radial 252 derajat sekitar 382 NM dari Pulau Nias dan ABK nya yang berjumlah 35 orang dievakuasi oleh kapal asing berbendera Norwegia yang sedang melintas, MV Felicana.

Selanjutnya, pada Jumat, (10/9/2021), Tim SAR gabungan dari personil Basarnas Nias, Lanal Nias, Kodim 0213 Nias, Polres Nias Selatan, Polair Polres Nias Selatan, personil Koramil 12/Teluk Dalam dan Sat Pol PP Kabupaten Nias Selatan, telah mengevakuasi korban selamat kapal terbakar itu.

35 ABK yang selamat itu, dievakuasi dari kapal asing MV Felicana berbendera Norwegia yang tiba di perairan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Selanjutnya, mereka diistirahatkan sementara di Rusunawa Lanal Nias Jalan Baloho Indah Teluk Dalam.  (Aris Zalukhu)

News Feed