oleh

Lanal Nias bersama Polres Nisel Turunkan Vaksinator dalam Vaksinasi Massal di Lapangan Orurusa

Nias Selatan, LiniPost – Pangkalan TNI AL  (Lanal) Nias bekerja sama dengan Polres dan Dinkes Nisel turut menggelar serbuan vaksinasi terhadap masyarakat bertempat di Lapangan Ororusa, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan vaksinasi tersebut bertepatan dengan kunjungan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. beserta Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Utara Rita Setya Rini, dan Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto, beserta Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Utara Vitri Renny Triyanti.

ads

Turut hadir mendampingi Kapolda Sumut, diantaranya Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, beserta Ibu, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Peranginangin, Kapolres Nias Selatan AKBP Reinhard H. Nainggolan, Kajari Nias Selatan Mukharom.

Target vaksinasi sebanyak 2.000 orang dan capaian akhir sebanyak 2.713 orang, dengan rincian terdaftar 2.769 orang, tervaksin 2.713 orang dan ditunda sebanyak 56 orang. Untuk dosis pertama sinovac sebanyak 2.642 orang dan dosis kedua sinovac sebanyak 71 orang.

Tim vaksinator terdiri dari tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Nias 4 personil, Biddokes Polda Sumut 20 personil dan Dinkes Nias Selatan 45 personil, menggunakan vaksin jenis sinovac sumber dari Dinkes Nias Selatan dan Biddokes Polda Sumut.

Sasaran vaksinasi kali ini, yakni para siswa-siswi SMA 1, SMK, SMA Darma Caraka, SMA Hang Tuah dan masyarakat. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan dalam upaya percepatan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Selatan memberikan pernyataan bahwa di Kabupaten Nias Selatan telah dilaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat untuk dosis pertama sebanyak lebih kurang 25.000 dan dosis kedua 12.000. Hilarius juga berterimakasih kepada Kapolda yang sudah mendorong pelaksanaan vaksinasi di Nias Selatan.

“Strategi untuk mencapai target 70% tervaksin di Nias Selatan, yaitu dengan melakukan vaksinasi secara door to door, pada setiap desa,” ungkapnya.

Sementara, Kapolda Sumut menyampaikan bahwa kunjungan nya di Kepulauan Nias ini, untuk melihat kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Nias Selatan.

“Hal ini untuk menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden untuk mendorong dan memaksimalkan kegiatan vaksinasi di kabupaten/kota,” jelasnya.

Diketahui bahwa di Kepulauan Nias pelaksanaan vaksinasi masih rendah, baru sekitar 7% saja. Untuk itu, agar dilaksanakan percepatan Vaksinasi. “Sehingga diharapkan pada 2 Minggu ke depan dapat menjadi 25% dan pada akhir tahun 2021 tercapai target 70% bahkan 100%,” pinta dia.

Kapolda juga melihat semangat yang tinggi dari masyarakat untuk divaksin, bahkan tidak ada penolakan. (Aris Zalukhu)