oleh

Lanal Nias Gelar Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Secara Serentak

Nias Selatan, LiniPost – Lahan Ketahanan Pangan Lanal Nias yang terletak di belakang Kompleks Perumahan Dinas TNI AL Macan Kumbang, Jalan Baloho Indah, Nomor 35, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, merupakan salah satu kawasan pertanian milik Lanal Nias dan menjadi target Karya Bhakti TNI Angkatan Laut, yang bertajuk Program Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 dalam rangka HUT TNI AL Ke-77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022.

Program Nasional Penanaman Sorgum ini merupakan sebuah program TNI AL yang telah direncanakan secara serentak. Ratusan peserta dari berbagai komponen masyarakat berbaur melaksanakan aksi penanaman Sorgum di lahan milik Lanal Nias tersebut, Jumat (9/9/2022). Aksi itu dipimpin langsung Danlanal Nias.

ads

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum, TNI AL Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Komandan Lanal Nias Letkol Laut Jerry Henry Manuhutu mengatakan, Program Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 ini merupakan salah satu program dari Pimpinan TNI AL untuk menunjukkan kepedulian Prajurit TNI AL kepada masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia dalam ketahanan pangan.

“Kita harus bekerja dengan sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara penghasil bahan pangan dan juga negara maritim, dimana semuanya dilakukan untuk masa depan kita dan anak cucu kita,” ujar Jerry.

Ia memastikan, program ini tidak berhenti hanya setahun sekali namun berkelanjutan. ”Selanjutnya atas nama seluruh prajurit Lanal Nias, dan juga mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. karena ini adalah perintah langsung Kasal untuk melaksanakan tugas-tugas kebersamaan dengan wilayah, saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bupati Nias Selatan dan segenap instansi serta kesatuan yang telah mendukung. Semoga kegiatan ini bisa menjadikan Kabupaten Nias Selatan sebagai kabupaten yang mandiri dalam swasembada pangan,” pungkas Danlanal.

Ucapan terima kasih juga diucapkan oleh Asisten 1 mewakili Bupati Nias Selatan, mengungkapkan jika kehadiran TNI AL Lanal Nias dan jajaran selalu memberikan dampak yang sangat signifikan kepada Kapupaten Nias Selatan, salah satunya ketahanan pangan.

“Kami siap berkolaborasi dalam ketahanan pangan selanjutnya, juga dalam setiap kegiatan TNI AL Lanal Nias. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan juga akan support sepenuh hati karena ketahanan pangan sangat dibutuhkan di Kabupaten Nias Selatan sehingga Kabupaten Nias Selatan bisa menjadi daerah yang mandiri dan bisa swasembada pangan apabila bisa selalu berkolaborasi dan senantiasa mendapat bimbingan dari TNI AL Lanal Nias,” tuturnya.

Ikut dalam kegiatan itu, antara lain Asisten 1 mewakili Bupati Nias Selatan, Kadis Pertanian Nias Selatan, Kasat Bimas mewakili Kapolres Nias Selatan, Danramil Telukdalam, Kasi Intel mewakili Kejari Nias Selatan,  Kadis LHK Kab. Nias Selatan, Camat Tekukdalam, Kasatpol PP Nias Selatan, Ketua dan ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 Korcab II DJA I Lanal Nias, Pramuka Saka Bahari dan Masyarakat yang tinggal di sekitar kompleks TNI AL Macan Kumbang. (Sintel Lanal Nias/Red)