Lanal Nias Gelar Penutupan Latgunben Tahun 2022

TNI/POLRI21 views

Nias Selatan, LiniPost – Latihan Penanggulangan Bencana alam (Latgulben) yang digelar di Mako Lanal Nias sejak tanggal 17 Mei s.d. 19 Mei 2022, Kamis sore (19/5/202) ditutup. Dalam upacara penutupan Latgulben ini, bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo. Sebagai Komandan Upacara Letda laut (PM) Giatno dan sebagai Perwira Upacara Letda Laut (S) Risnanto.

Di hari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan Latgulben ini ada beberapa kegiatan, antara lain pukul 09.40 WIB apel kelengkapan, dilanjutkan briefing simulasi pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana kepada seluruh peserta latihan yang dipimpin langsung oleh Pjs. Ka. BP Lanal Nias Letda Laut (K) dr. M. Agung Bhagaskoro, Pukul 09.30 WIB simulasi penanggulangan bencana, pukul 11.10 WIB evaluasi pelaksanaan latihan penanggulangan bencana, pukul 12.00 s.d. 14.00 WIB Ishoma, pukul 14.20 WIB upacara penutupan Latgulben Lanal Nias 2022, pukul 14.45 WIB seluruh rangkaian giat Latgulben Lanal Nias 2022 selesai dalam keadaan aman dan lancar.

ads

Pejabat yang hadir dalam upacara penutupan Latgulben tersebut adalah Bupati diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Nias Selatan Setao Amazihono, Komandan Kodim Nias diwakili oleh Danramil Telukdalam Mayor Inf Hatianus Zega, Kapolres Nias Selatan diwakili oleh Kabag Ops Kompol Maritaken Surbakti SH, Kasubdis Bhakti Dispotmaral Mabesal Letkol Mar Budi Santosa,  Kasubsi Renlat Bhakti SBJ Dispotmaral Mayor Mar Armen, Kepala Basarnas Nias diwakili oleh Kasi Sumda Bobi Purba, Kalaksa BPBD Nias Selatan Idealis Dachi, Kadis Kominfo Nias Selatan Sokhinaso Giawa, Kadis Sosial Sisifonada Duha, Kadinkes Nias Selatan diwakili oleh Sekdin Kesehatan Nias Selatan Sitinurani Lase, Sekban Bappeda Nias Selatan, Kadishub Nias Selatan Asarudi Giawa S.pd.

Adapun susunan pasukan upacara penutupan Latgulben terdiri dari satu peleton Koramil Telukdalam, satu peleton Lanal Nias, satu peleton Polres Nias Selatan, satu peleton gabungan Basarnas dan BPBD Nias Selatan, satu peleton Satpol PP Nias Selatan, satu peleton Dinkes Nias Selatan, satu peleton masyarakat Nias dan  satu peleton pramuka Saka Bahari Lanal Nias.

Komandan Lanal Nias dalam amanatnya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam ini diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias yang melibatkan unsur-unsur dan instansi terkait termasuk masyarakat di wilayah Kecamatan Teluk Dalam. Semoga dapat meningkatkan koordinasi sekaligus menjadi satu pemahaman dalam penanggulangan bencana alam.

“Kita patut berbangga dan mengucapkan terima kasih kepada TNI AL dalam hal ini Dispotmaral TNI AL yang menggagas kegiatan Latgulben, para narasumber dan seluruh peserta yang telah bersusah payah melaksanakan kegiatan pelatihan ini dengan berbagai macam kegiatan sesuai dengan jadwal yang ada. Semoga bermanfaat bagi para peserta dalam melatih kesiapsiagaan terhadap ancaman terjadinya bencana alam gempa bumi dan tsunami,” ujar Danlanal.

Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta  mematuhi protokol kesehatan. (Sintel Lanal Nias/Red)